oleh

279 Pelajar Dapatkan Beasiswa dari BAZNAS dan Bank Muamalat

Serpong – Ratusan pelajar dari keluarga yang tidak mampu di wilayah Tangsel, sangat bergembira ketika Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan beasiswa untuk mereka di Masjid Baitussalam, Komplek Perumahan The Green BSD, Tangsel, Sabtu (25/11).

Acara yang bertemakan “Beasiswa Pendidikan 279 Anak Yatim Hasil Usaha Peternakan Yayasan Baitussalam Periode I dan Santunan Pendidikan dari Bank Muamalat Indonesia” ini, dihadiri juga oleh Deputi BAZNAS M. Arifin Purwakananta, Direktur Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional Mohd Nasir Tajang, President Director Bank Muamalat Achmad Kusna Permana, pengurus Yayasan Baitussalam Suryo Alam dan Djindar Rohani.

Bantuan pendidikan yang diberikan merupakan hasil dari usaha peternakan periode pertama Yayasan Baitussalam yang merupakan binaan BAZNAS sebesar Rp 120 juta.

Wakil Ketua BAZNAS Dr. Zainulbahar Noor mengatakan, sebanyak 279 siswa mendapat beasiswa. Tak hanya beasiswa, terdapat santunan pendidikan yang diberikan oleh Bank Muamalat Indonesia.

“Beasiswa pendidikan untuk 279 siswa keluarga miskin ini merupakan hasil usaha dari peternakan binaan BAZNAS yang dikelola Yayasan Baitussalam. Ini adalah perolehan periode pertama. Selain itu juga ada santunan pendidikan dari Bank Muamalat Indonesia,” ujar Dr. Zainulbahar.

Program CSR unggulan dari Bank Muamalat yakni Sekolah Prestasi Muamalat, memberikan beasiswa pendidikan sebesar Rp 90 juta yang terdiri dari donasi tunai dan perlengkapan sekolah.

Dr. Zainulbahar Noor menyambut baik program Bank Muamalat ini yang sejalan dengan misi BAZNAS untuk selalu bersinergi dengan stakeholders demi perkembangan zakat di Indonesia.

“Peningkatan kualitas pendidikan merupakan proses yang terintegrasi dengan peningkatan mutu SDM itu sendiri. Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas SDM, maka pemerintah bersama kalangan swasta sama-sama telah dan terus berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Achmad K. Permana menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini apabila dilihat dari skala nasional pendidikan di Indonesia masih ditemukan berbagai kendala. Dengan program ini, Bank Muamalat ingin mencetak generasi bangsa yang berakhlak.

“Substansi pendidikan merupakan kunci dari pembangunan, maka atas dasar itulah, Bank Muamalat ingin membantu pelajar Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Melalui program ini kami ingin mewujudkan komitmen bahwa Bank Muamalat aktif berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia serta mendukung terciptanya generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas, namun berprestasi dan berakhlak” ujar Achmad. (lan)