oleh

Angka Perceraian di Kota Tangerang Meningkat Tajam

Tangerang – Menurut data dari Pengadilan Negeri Agama Kota Tangerang hingga September 2017 ada sebanyak 1.187 menjadi janda karena bercerai.

Angka tersebut diperoleh dari 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Menurut presentase Pengadilan Negeri Agama, status janda terbanyak dari Kecamatan Pinang yakni 242 janda, Kemudian Kecamatan Cipondoh 216 janda, Kecamatan Tangerang 210 janda dan Kecamatan Larangan 200 janda.

Sementara kecamatan yang paling sedikit adalah Kecamatan Benda dengan 64 janda, Kecamatan Batu Ceper 77, Kecamatan Neglasari 88 dan Kecamatan Jatiuwung 90 orang.

Menurut Panitera Pengadilan Negeri Agama Kota Tangerang, Mukhtar, perceraian terjadi diakibatkan beberapa faktor dan alasan salah satunya ketidak cocokan.

“Kami mencatat ada 923 kasus perceraian dengan alasan tidak harmonis. Selain itu, perceraian karena alasan ekonomi yang kita tangani sebanyak 310 kasus,” ujarnya, Kamis (5/10) kemarin.

Penyebab lain terjadinya perceraian  karena penganiayaan, mendapat hukuman tindakan kriminal, memiliki cacat biologis, dan masih banyak lagi yang mayoritas pengajuan perceraian lebih banyak dari pihak perempuannya.

“Karena banyak pihak wanita yang sering dikecewakan laki-laki, maka mereka yang rajin mengajukan gugat ke pengadilan, Alasannya pun sangat sederhana, mungkin karena di kecewakan, suami sering berselingkuh, dan suami tidak bisa memberikan nafkah lahir bathin,” tuturnya.(abe)