oleh

Bawaslu Tangsel Ajak Masyarakat Lakukan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020

Tangerangcorner.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel 2020 di Bukit Pelayangan (Bupe) Restaurant, Rabu 4 Desember 2019.

Bawaslu meminta masyarakat agar lebih aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif. Pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat pada saat pelaksanaan Pilkada ini guna menjunjung demokrasi yang adil.

Muhamad Acep, Ketua Bawaslu Kota Tangsel menjelaskan jika pengawasan partisipatif merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan agar proses pilkada bersih dari kecurangan. Kecurangan pilkada biasanya terjadi menjelang hari pemilihan.

Ia mencontohkan bahwa dalam kecurangan politik uang, baik pemberi dan peneriman akan sama-sama dikenakan sanksi. “Karena itu, masyarakat bukan hanya mengawasi oknum yang memberikan uang, tapi juga mengawasi kepada masyarakat yang menerima juga,” jelasnya.

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Banten, Nuryati Solapari menjelaskan bahwa dalam melakukan pengawasan Pilkada 2020 nanti, peran masyarakat sangatlah berarti seperti dalam melakukan pengawasan di lapangan.

Sebagai salah satu anggota Bawaslu, Nuryati mencontohkan bahwa dirinya kerap turun langsung ke TPS dan posko pemenangan yang biasanya menjadi lokasi kecurangan kampanye dan ia menjelaskan jika kecurangan memang sering terjadi.

”Dalam politik uang, hoax, dan politisasi sara adalah permasalahan yang sering kita hadapi dan dalam mengatasi masalah tersebut peran masyarakat sangatlah penting,” ungkapnya.

Selain itu bentuk pengawasan juga dilakukan dalam netralitas ASN yang saat ini rawan sekali dimanfaatkan sebagai sasaran kampanye politik.

”Kami sangat mengandalkan masyarakat,” ujar Nuryati.

Slamet Sentosa, Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga menjelaskan jika pada tahapan kampanye selalu menjadi permasalahan yaitu daftar pemilih yang di ajukan ke Mahkamah Konstitusi.

Dia mencontohkan seperti dalam pemasangan spanduk atau baliho yang sembarangan, ada yang memasang spanduk di rumah penduduk yang tidak melakukan izin.

”Sehingga peran teman-teman sangat penting dalam hal,” pungkasnya. (Alf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed