oleh

Bupati Tangerang Didaulat Sebagai Pembicara di AKKOPSI

Tangerang – Forum  Kepala Daerah yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) mendaulat Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar sebagai narasumber  dalam acara Advokasi Horizontal Learning Sanitasi Sekolah, di Hotel Atria Gading Serpong, Rabu (15/11).

Menurut Zaki, Kabupaten Tangerang  memiliki fokus dalam meningkatkan akses sanitasi dan air minum masyarakat meliputi beberapa sektor diantaranya penyediaan air minum, pengelolaan air limbah domestik, persampahan, drainase ,perilaku hidup bersih dan sehat.Salah satu dari wujud program ini adalah program Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek) yang dimaksudkan untuk meningkatkan layanan sanitasi bagi siswa tingkat dasar di Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini terdiri dari kegiatan pemberdayaan sanitasi komunitas sekolah dan pembangunan MCK di sekolah.

Lanjut Zaki, Selain akses sanitasi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tangerang mencanangkan program Seribu Sanitasi (Serasi) dan Sanitasi Pesantren (Sanitren) untuk masyarakat.

“Bagaimana anak-anak kita belajar dengan baik dan menjadi generasi bangsa yang unggul apabila belajar di dalam lingkungan yang tidak sehat dan kondisi yang kotor,” ucap Zaki.

Dalam forum tersebut selain mengulas berbagai persoalan mengenai sanitasi sekolah juga diadakan ikrar  kesadaran menyediakan sanitasi yang bersih dan sehat di sekolah secara berkelanjutan. (abe)