Chicago Marathon 2019, Empat Pelari Indonesia Galang Donasi bagi Perawatan Celah Bibir Gratis

26 Agustus 2019
458 Views

Jakarta – Smile Train lndonesia menyelenggarakan smile Train Run 2019 berlokasi di Taman Kerinci Blok M Jakarta Selatan, Sabtu (24/8/2019), sebuah acara yang digelar untuk memberikan pemahaman kepada pelari lndonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. mengenai program Smile Train Team EMPOWER. Team Empower adalah program global Smile Train untuk penggalangan dana yang mengajak para atlet dari berbagai belahan dunia untuk berpartisipasi dalam ajang kompetisi olahraga internasional yang bekerjasama dengan Smile Train. Melalui program penggalangan dana ini, para atlet dapat membantu meningkatkan kesadaran dan bantuan bagi anak- anak dengan celah bibir dan/atau langit-langit.

Dihadiri lebih dari 300 pelari, Smile Train Run 2019 diisi dengan berbagai acara termasuk kegiatan lari dan diskusi panel dengan Dieyan Bernard dan Marrisa Widiyanti, pelari Smile Train Team EMPOWER dari lndonesia. Pelatih lari profesional berlisensi Agung Mulyawan dan Fisioterapis dari Quick Rehab, Agrifadila Yuliandani juga hadir memaparkan informasi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti kompetisi lari internasional dan tips mengatasi cedera saat berlari.

Deasy Larasati, Program Director & Country Manager Smile Train lndonesia menjelaskan, Kegiatan Smile Train RUN 2019 merupakan inisiasi untuk menyebarluaskan semangat berbagi melalui olahraga. Melalui kegiatan hari ini, kami mengajak lebih banyak pelari lndonesia untuk berpartisipasi dalam program Team EMPOWER untuk kemudian berlari di kompetisi internasional, dan membantu lebih banyak anak Indonesia mendapatkan senyumnya kembali. Setiap langkah dan setiap garis akhir yang dilalui akan memberikan awal serta kesempatan baru bagi anak dengan celah bibir dan/atau langit-langit.Tahun ini, empat pelari dari Indonesia akan berlari dengan Smile Train Team EMPOWER di Chicago, Amerika Serikat.

” Marathon 2019 akan diadakan pada hari Minggu, 13 Oktober 2019. Dieyan Bernard, Marissa Widiyanti, Andri Parulian, dan Fransiskus Kesuma akan berlari sejauh 42 kilometer di kota Chicago, Amerika Serikat. Mereka telah berhasil melakukan penggalangan dana untuk membantu memberikan perawatan gratis kepada anak-anak lndonesia dengan celah bibir/langit-langit. Dalam menjalankan programnya, Smile Train bekerjasama dengan berbagai ajang kompetisi lari (race event) terkemuka di dunia seperti Berlin Marathon, IRONMAN” World Championship, Virgin Money London Marathon, New York City Marathon, dan Bank of America Chicago Marathon,” jelas Deasy, Sabtu (24/8).

Menurutnya, Smile Train Team EMPOWER diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat luas pada persoalan celah bibir dan/atau langit di Indonesia, lebih dari 8.000 anak mengalami kelainan celah bibir dan/ atau langit setiap tahunnya. Anak dengan kelainan celah akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sulit makan, sulit bernafas, sulit bicara, risiko kurang gizi, hingga masalah sosial salah satunya sulit berteman.

“Sebagai organisasi global yang berfokus pada mendukung operasi celah gratis dan perawatan celah komprehensif, Smile Train menggunakan pendekatan yang berkelanjutan dan komprehensif,” ujarnya

Ia menambahkan, Smile Train telah secara aktif mendukung program di Indonesia sejak tahun 2002 dan telah mengembangkan kemitraan lokal di lebih dari 85 rumah sakit mitra. Hingga saat ini, Smile Train telah membantu Iebih dari 75.000 anak Indonesia. Selain operasi celah. Smile Train secara aktif memberikan pelatihan kepada perawat, ahli anestesi, ahli bedah, ahli terapi wicara dan ahli ortodonti dalam perawatan celah, program nutrisi, terapis wicara dan ortodonsi.

“Perawatan dan terapi komprehensif akan melibatkan tim dokter spesialis karena mereka berhubungan dengan bidang kesehatan anak lainnya.Tim dokter spesialis yang terlibat akan mencakup dokter anak, dokter bedah, dokter gigi, dokter THT, dan ahli gizi,” imbuh Deasy Larasati. (abe)

Leave A Comment