oleh

Cultural Tour of Cina Benteng di Neglasari

Tangerang – SAMARATA bersama Cide Kode Benteng Vihara Nimmala, mengadakan sebuah kegiatan yang berjudul ‘Melipir Ke Neglasari’ dengan tema ‘Cultural Tour Of Cina Benteng’ pada hari Sabtu (20/07/2019). Kegiatan yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang dan Vihara Nimmala Boen San Bio bertujuan untuk memperkenalkan lebih jauh tentang Budaya Cina Benteng.

Salah satu kecamatan di Kota Tangerang yang memiliki banyak warga etnis Tionghoa khususnya Cina Benteng yakni di kecamatan Neglasari. Acara tersebut dihadiri 70 peserta, diantaranya Komunitas Blogger Cihuy, Kang Nong Kota Tangerang, Forum Anak Kota Tangerang, Duta Pendidikan Provinsi Banten, serta warga Tangerang dan luar Kota Tangerang.

“Kegiatan Melipir Samarata yang kedua kali ini, bekerjasama dengan Cide Kode Benteng Vihara Nimmala untuk memperkenalkan Budaya Cina Benteng kepada masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan Budaya Cina Benteng lebih terekspos melalui media massa dan media sosial. Dan ternyata antusias masyarakat itu bagus, karena jumlah peserta yang hadir lebih banyak dari sebelumnya,” jelas Dede Ulfah selaku Ketua Samarata.

Menurut Ulfa, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan Cide Kode Benteng Vihara Nimmala kepada masyarakat luas. Cide Kode Benteng mempunyai visi agar seluruh generasi muda tetap memegang nilai Budaya Cina Benteng yang merupakan hasil akulturasi kebudayaan Indonesia (Betawi dan Sunda) dengan Tionghoa, tanpa melupakan nilai nasionalisme dan humanisme. Cide Kode Benteng ini terbentuk karena menyadari kemajuan teknologi yang semakin menggerus zaman, sehingga terkadang budaya mulai dilupakan, padahal budaya adalah identitas. Ajang pemilihan Cide Kode Benteng Vihara Nimmala ini dilakukan setiap tahun.

“Acara ini sangat bagus sekali, karena selain bisa mengunjungi daerah yang merupakan akulturasi budaya dan kental dengan budaya cina benteng yang dapat menambah pengetahuan, juga dapat berbaur dan menambah teman,” ucap Michael Riyano dari Kode Benteng 2019.

Dalam kegiatan ini, para peserta dan undangan diajak ke dua Kampung Tematik yang sebagian warganya itu adalah etnis Tionghoa Cina Benteng. Dua kampung itu adalah Kampung Tehyan di Kelurahan Mekarsari dan Kampung RUKUN di Kelurahan Neglasari dengan menggunakan transportasi Bus Wisata Kota Tangerang. Di kampung Tehyan, para warganya menampilkan tarian Cokek Sipadmo dan juga penampilan seni dari alat musik Tehyan. Sedangkan di Kampung RUKUN, peserta dan tamu undangan diajak untuk memetik sayuran milik Kelompok Wanita Tani (KWT) hingga menghadiri perayaan ulang tahun Sejit di Vihara Kwan Yin Bio.

“Nah, kalau untuk kegiatan seperti ini cocoknya anak-anak muda yang jalanin, lebih cepat geraknya. Apalagi ini atas nama komunitas dan juga ada Cide Kode yang memang kebanyakan adalah warga Kecamatan Neglasari juga. Saya berterima kasih dan sangat mendukung kegiatan semacam ini, karena di kecamatan ini memang banyak budaya yang masih dilestarikan oleh warga. Jadi sebagai pemerintahan, saya bertanggung jawab memberikan fasilitas dan mendukung apapun demi kebaikan bersama,” ungkap Ubaidillah Anshar, Camat Neglasari. (abe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed