Danjen Kopassus Tutup Diklat Pemantapan Nilai Kebangsaan Pejabat Pemprov Banten

10 Februari 2019
136 Views

Serang – Komandan Jendral (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa resmi menutup Diklat Pemantapan Nilai Kebangsaan bagi Pejabat Esselon II dan Esselon III dilingkungan Pemprov Banten, di Mako Kopassus, Taktakan, Kota Serang, Jum’at (08/02/2019). Hadir juga Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Dan Group I Kopassus Kolonel Inf Lucky Avianto, dan Pj Sekda Banten Ino S Rawita dan para Komandan Batalyon.

Sejak hari Kamis lalu puluhan pejabat esselon II dan III di didik dan dilatih tentang wawasan kebangsaan, kedisiplinan dan kekuatan fisik di Markas Kopassus.

Dalam arahannya Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menegaskan, sebagai motor penggerak pembangunan di Provinsi Banten, para pejabat hendaknya dapat menjawa tantangan tugas dimasa yang akan datang.

“Saudara sekalian harus lebih siap dari pada rekan-rekan kalian diluar sana. Karena dengan bekal yang didapat selama latihan ini dapat mengaplikasikan di tempat kerja dalam mengatasi segala permasalahan dan tantangan tugas kedepan,” tegas I Nyoman.

Menurutnya, banyak orang diluar sana ingin juga mendapatkan pelatihan dan kesempatan dilembaga-lembaga yang mereka kehendaki guna mencetak sumber daya manusia yang berkarakter, kuat dan semangat juang yang bermental baja. Karena menurutnya, dengan peningkatan SDM maka akan meningkatkan daya saing dan siap menghadapi segalam ancaman kedepan .

“Saudara orang terpilih yang ditunjuk dan digembleng di Group 1 Kopassus ini. Tunjukan dan buktikan bahwa kalian di didik dan dilatih dengan cara menunjukan sikap patriotisme, nasionailsme, loyalitas dan etos kerja yang tinggi serta semangat pantang menyerah dalam menghadapi segala dinamika dilapangan,” kata Danjen.

“Dengan begitu saya berharap saudara dapat membawa nama baik instansi tempat kalian bekerja. Diibaratkan pemerintahan ini seperti lumbung padi, kita harus cinta lumbung padi itu karena disanalah masyarakat akan sejahtera dan maju, kita jaga komunikasi dengan jajaran stakeholder yang lainnya,” sambung I Nyoman.

Setelah Diklat ini, I Nyoman berharap para pejabat Pemprov Banten ini menjadi agen perubahan yang memiliki sikap mental, moral, kerja sama, loyalitas dan kepemimpinan serta keterampilan dalam rangka menegakan tata kelola dan tata pemerintahan yang baik.

“Saat ini saudara telah memiliki peningkatan SDM yang mempunyai dana saing yang dapat diandalkan,” ujarnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengucapkan banyak terima kasih kepada Group 1 Kopassus dan jajarannya“Kami ditempat dan dibina dan para aparatur kami agar menjadi seorang pribadi yang berkarakter, dan disiplin. Oleh karena itu kalau ga ada yang lulus saya akan kembalikan lagi kesini,” ujar Gubernur.

Lanjutnya, seluruh Kepala OPD dan pejabat esselon III yang berlatih disini juga diharapkan dapat memiliki tanggungjawab dan memiliki rasa saling menghormati.

“Selanjutnya masih ada 800 orang lagi pejabat esselon III dan IV yang akan saya bawa lagi disini untuk digembeleng lagi disini (Kopassus) untuk menjadi seorang ASN yang luar biasa,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Gubernur, Pemprov Banten bersama Kopassus dan Polri telah bersinergi dengan baik dalam rangka menjalankan proses pembangunan di Provinsi Banten. Gubernur meyakini dengan sinergi yang baik ini Banten akan tetap aman.

“Karena Pilkada kemarin di daerah-daerah juga tetap berjalan aman. Insya allah Pilpres dan Pileg dibanten kita bersama-sama berharap dan tentunya semangat kita untuk mengamankan banten jangan sampai terjadi perpecahan dan ini tergantung kepada kerjasama kita,” ucap WH.

“Salah satu yang membuat saya berhasil menata kawasan banten lama juga berkat dukungan dari Kopassus yang luar biasa,” pungkasnya. (abe)

Leave A Comment