oleh

Di Era Pandemi, Perayaan Tahu Baru Imlek 2572 di Kota Tangerang Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Tangerangcorner.com – Perayaan tahun baru Imlek 2572 di Kota Tangerang berjalan sesuai anjuran pemerintah dengan protokol kesehatan yang ketat.

Umat Tionghoa Kota Tangerang sejak malam 11 Februari 2021 bergelombang sudah mulai memadati klenteng yang ada di sejumlah titik wilayah.Untuk di Klenteng Boen Tek Bio, tercatat 1000 orang melakukan ibadah  Tahun Baru Imlek 2572 di Klenteng Boen Tek Bio.

Sekretaris Badan Pengurus Klenteng Boen Tek Bio, Ruby Santamoko mengatakan bahwa ada sekitar 700 umat Konghucu beribadah di klenteng.”Yang hari ini belum tau sampai berapa, tapi kami prediksi sementara udah hampir 400 orang hadir,” ungkap Ruby saat dikonfirmasi, Jumat (12/2).”(Jadi) sampai hari ini, sudah ada sekitar 1000 orang yang hadir di sini,” imbuh dia.

Ruby berujar, angka tersebut memang lah banyak. Akan tetapi, lanjut dia, tidak ada umat yang berdesak-desakan saat melakukan peribatan karena sistem yang mereka terapkan.”Setelah mereka sembahyang, kami wajibkan mereka untuk langsung pulang,” kata Ruby.

Ia menambahkan pihaknya juga mewajibkan tiap umat yang datang untuk melewati tahapan pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki area peribadatan di klenteng.”Saat mereka datang, mereka dicek suhu tubuh. Lalu, mereka juga wajib mencuci tangan sebelum masuk area ibadah,” tuturnya.

Kemudian, penggunaan masker juga menjadi salah satu hal yang wajib mereka lakukan mulai dari memasuki area klenteng hingga meninggalkan tempat ibadah tersebut.

Umat pun, sebut Ruby, wajib menggunakan masker saat beribadah di dalam klenteng.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebut, Klenteng Boen Tek Bio telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19.”Sejauh ini tempat ibadah sudah menyiapkan protokol kesehatan yang baik di lokasi,” kata Wali Kota.

Ia berharap, umat Konghucu yang merayakan Tahun Baru Imlek dapat merayakan pergantian tahun baru Tiongkok itu dengan cara yang sederhana.”Agar penyebaran virus dapat ditekan dan Kota Tangerang dapat masuk ke zona hijau,” harapnya.

“Mudah-mudahan, perayaan (Tahun Baru) Imlek di Kota Tangerang bisa berjalan dengan tertib,” pungkasnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed