oleh

Dianggap Berhasil Pimpin Tangsel, Airin Diyakini Mampu Bawa Perubahan untuk Jakarta

Tangerangcorner.com – Kemunculan sosok politisi perempuan, yang juga merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dalam bursa perpolitikan Pilkada DKI Jakarta 2024, semakin menyedot perhatian publik.

Bahkan baru-baru ini, Airin bersama Ahmad Sahroni diperkenalkan ke khalayak luas oleh Partai Golkar-Nasdem. Kemunculan sosok Airin ini, seolah menjadi angin segar dalam kontestasi perpolitikan DKI Jakarta.

Pengamat Politik asal Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing berpendapat bahwa hal itu tidak akan dilakukan jika tanpa sebab.

Ia menilai, faktor terkuatnya tentu adalah berdasarkan keberhasilan Airin dalam memimpin Kota termuda di Banten, yakni Tangsel selama dua periode atau sepuluh tahun lamanya.

Selama itu pula, kepemimpinan Airin sangatlah baik. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai pencapaian yang berhasil diraihnya.

“Semua bisa dia (Airin) lakukan, mulai dari pelayanan publik, pemenuhan kesejahteraan masyarakat, sembilan bahan pokok, kemudian pembangunan.Saya kira bagus, jalan semua,” ujar Ermus saat dihubungi, Jumat (11/3/2022).

Prestasi Airin yang kini menjabat sebagai Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) ini, mampu diraihnya dalam segala keterbatasan.

“Airin tetap bisa memimpin dengan sangat bagus, bahkan luar biasa. Oleh karena itu, Airin sangat layak untuk diperhitungkan. Untuk menjadi calon kepala daerah di DKI Jakarta. Sangat sangat layak dan potensial,” ungkapnya.

Meski seorang perempuan, Ermus meyakini bahwa di tangan Airin DKI Jakarta dapat bermetamorfosis menjadi lebih baik.

Bukan hanya omong kosong, kata Ermus, keberhasilan itu telah dibuktikannya di Tangsel. Bukan hanya berkembang, di tangannya daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang itu kini telah bertransformasi menjadi Kota yang unggul dan sangat maju.

“Saya berpikir, kenapa tidak Jakarta dipimpin oleh seorang ibu, seorang perempuan. Jadi biar kota ini benar-benar humanis. Lebih humanis, bersahaja, wise atau bijak, itulah yang dia lakukan di Tangsel,” tuturnya.

Menurutnya jika hal itu dilakukan ketika dirinya terjun di DKI Jakarta, maka tak menutup kemungkinan ia akan mengulangi keberhasilannya.

“Nah pola-pola yang dilakukan di Tangsel yang sangat bagus dan berhasil itu, saya kira kalau Airin jadi Gubernur DKI Jakarta dan dia lakukan itu juga. Maka kita bisa mewujudkan Jakarta jadi wilayah yang lebih maju, sejahtera warganya,” kata dia.

Ermus memaparkan dalam hal ini, sebenarnya Airin memiliki keunggulan-keunggulan dapat dioptimalkan.”Jakarta dan Tangsel itu berbatasan. Jadi karakteristik masyarakatnya tidak jauh berbeda. Artinya, persoalan yang dihadapi sama. Untuk itu kepemimpinan dia di Tangsel adalah modal besar, modal yang sangat luar biasa untuk bisa membawa Jakarta untuk menjadi lebih hebat lagi,” paparnya. (Rls)