oleh

Dishub Tangerang Adakan Ramp Check dan Dirikan Pos Piket

Tangerang – Sejumlah kendaraan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berada di Kota Tangerang, masih ada yang nekat beroperasi mesti tidak memenuhi standar dalam pemeriksaan kelaikan bus (ramp check).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rahman menjelaskan, pihaknya telah melakukan ramp check sejak akhir bulan November hingga pertengahan Desember 2017 ini.

Dari pengecekan tersebut, dinyatakan sejumlah kendaraan bus AKAP tak laik jalan dan diminta untuk melengkapi kekurangan sehingga laik beroperasi. “Kami sudah melakukan ramp check, hasilnya ada sebagian angkutan yang tidak layak jalan,” terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, di Terminal Poris Plawad, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya sampai saat ini, dari 97 kendaraan yang diuji kelayakannya, 92 diantaranya dinyatakan laik. Sementara 5 bus lainnya belum memenuhi standar kelengkapan keselamatan dan keamanan bus.

Diterangkan dia, kendaraan yang belum laik itu mengalami beberapa persoalan, diantaranya lampu yang mati, ban yang tidak laik, rem dan permasalahan lain.

Kegiatan ramp check ini lanjutnya masih akan terus dilakukan, guna memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang angkutan darat ini.”Kami juga mendirikan pos piket di tiap – tiap terminal mulai tanggal 18 Desember 2017 sampai dengan 8 Januari 2018 dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru ini,” tegas dia.(han)