DLH Tangsel Bersihkan Saluran Air di Kelurahan Sawah

Tangerang Selatan – Sampah yang menumpuk di saluran air memang menjadi momok bagi warga yang tinggal di sekitar kali maupun sungai karena sampah tersebut faktor utama penyebab banjir dan munculnya bibit penyakit, bahkan terkadang menimbulkan bau menyengat dan merusak keindahan.

Salah satunya, saluran air yang berasal dari Anak Kali Situ Sasak menuju aliran Kali Pesanggrahan tersebut kerap dijadikan warga tak bertanggung jawab sebagai tempat pembuangan sampah.

Kali ini, sekira lebih dari 30 orang dengan melibatkan pesapon dan pengawas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan (DLH Tangsel) kembali melakukan pembersihan saluran air tersebut yang berlokasi di Jalan KH. Dewantoro, Kelurahan Sawah, Ciputat, Kamis (22/8/2019).

“Kami hanya melaksanakan instruksi dari Pak Kadis untuk bersihkan sampah di saluran air karena sebentar lagi musim penghujan,” ungkap Rahadi, Pengawas Kecamatan Ciputat.

Kegiatan ini, pihaknya berencana akan terus intensifkan waktunya jika melihat volume sampah yang menumpuk saat ini.

“Koordinasi warga juga akan digiatkan bersama para Pengawas dari LH, agar bisa memilah sampah dari sumbernya dan tidak membuang sampah secara langsung ke tepi jalan atau langsung ke kali,” ujarnya.

Pihaknya juga akan mendorong, mungkin, ke pihak kelurahan setempat, agar bisa dimasukan ke rencana Musrenbang untuk membuat jalusi-jalusi, minimal sampah bisa terhambat langsung tidak mengalir ke kali. Seraya menghimbau dan mengajak warga budayakan hidup bersih, jangan membuang sampah disaluran air maupun median jalan. (Geng)

Leave A Comment