oleh

Dukung Gerakan Nasional Start Up Digital, UMN Gelar Start Up Conference

Guna mewujudkan target pemerintah Indonesia menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia dan merealisasikan transaksi e-Dagang sebesar USD 130 miliar di tahun 2020, pemerintah membutuhkan technopreneur-technopreneur muda penuh terobosan baru di bidang layanan dan usaha. Oleh karena itu, pemerintah kemudian mengadakan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Melalui gerakan ini diharapkan lahir generasi techopreneur muda yang tidak lagi sekadar menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pasar produk tetapi sebaliknya menjadi produsen sekaligus inovator.

Untuk melahirkan para technopreneur ini bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan pembekalan agar nantinya lahir technopreneur berkualitas dan dapat memberikan dampak positif guna menyelesaikan permasalahan perekonomian di Indonesia. Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan inkubator bisnisnya, Skystar Ventures ingin berkontribusi terhadap hal ini dengan mengadakan kegiatan UMN Startup Conference 2017 yang mengangkat tema “Build Your Business Now!” bagi para mahasiswa dan pebisnis pemula.

Kegiatan yang berlangsung pada (26/4) di UMN ini dikemas dalam bentuk bootcamp dengan topik-topik workshop yang menarik dan dibawakan oleh technopreneur-technopreneur muda Indonesia yang telah sukses. Mereka adalah Reynold Wijaya (Founder Modalku), Farina Situmorang (Managing Partner Catalyst Energy), Winston Utomo (CEO & Editor-in-Chief IDN Media), Rama Raditya (Founder Qlue), William Eka (Associate Director Skystar Capital), dan Rizky Muhammad (Founder Youthmanual).

Tak hanya itu, dalam acara ini pula hadir Prakoso Budi Susetyo, Deputi SDM Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia sebagai Keynote Speaker. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan faktor-faktor penting yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis agar usaha yang dirintis sukses. “Yang pertama adalah kita harus terjun langsung dalam usaha tersebut. Lalu, kita juga harus disipllin dalam mengelola keuangan, inovatif dan kreatif dalam menghasilkan produk dan jasa, menjaga link dan networking serta memastikan jadwal pengiriman barang untuk selalu on schedule,” paparnya.

Yovita Surianto selaku Program Manager Skystar Ventures mengakui acara ini diadakan untuk memotivasi para peserta untuk tidak ragu membangun bisnisnya sejak dini. “Pemilihan para technopreneur muda ini sebagai pembicara didasarkan pada usianya yang tergolong masih muda tetapi sudah bisa memimpin bisnisnya sendiri. Diharapkan melalui fakta ini, para peserta  UMN Startup Conference 2017 mendapatkan motivasi dan inspirasi. Selain itu, diharapkan juga melalui kegiatan ini, mahasiswa dan generasi muda Indonesia semakin berani mewujudkan impiannya untuk membangun bisnisnya sendiri dan memulainya sejak dini,” kata Yovita.

Selain workshop, dalam kegiatan ini Skystar Ventures juga mengadakan pameran bisnis hasil karya startup muda binaannya yang sudah mendapat mentoring selama tiga tahun. Mereka adalah Jobmine, Inigame, Dreambox, Shoebox, Duone, dan Kodekado.