oleh

Festival Budaya Digelar Pemkot Tangerang

Tangerang – Festival budaya daerah merupakan kegiatan yang tertuang dalam peraturan Permendagri Nomor 52 Tahun 2007. Festival budaya nantinya bakal menjadi agenda tahunan kota Tangerang bertujuan mengangkat dan melestarikan budaya yang berkembang di kota berjuluk Ahlaqul Karimah.

Menurut Kepala Dinas & Kebudayaan Kota Tangerang, R. Rina Hernaningsih, festival budaya dimaksudkan memperkenalkan kebudayaan yang berkembang agar bisa bersaing ditingkat nasional serta memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan lokal.

Kata Rina, apalagi di Kota Tangerang banyak seni dan budaya yang memiliki potensi luar biasa untuk diperkenalkan ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara, sehingga festival budaya akan memotivasi masyarakat untuk terus berkarya dan meningkatkan kreatifitas dibidang seni budaya serta memajukan ekonomi kreatif.

“Festival budaya 2017 berlangsung di Puspem Kota Tangerang dari tanggal 3-7 Desember 2017, sekaligus melestarikan seni dan budaya untuk bepromosi ke seluruh daerah agar Kota Tangerang bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun asing,” kata Rina beberapa waktu lalu.

Rina menambahkan, Acara yang diikuti oleh perwakilan dari 11 kota dan kabupaten di Indonesia seperti Kota Kediri, Serang dan Bandung ini juga diisi dengan pertunjukan barongsai, baju pengantin nusantara, musik gambang kromong, tari kolosal, hingga atraksi dari 1000 jawara Kota Tangerang

Sebagai informasi, festival budaya nusantara tahun 2017 ini digelar mulai tanggal 3 hingga 7 Desember tahun 2017 yang diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba palang pintu, lomba tari kreasi nusantara, lomba baju pengantin tradisional, lomba standup comedy serta penampilan sendratari Ramayana dan pertunjukan lighting Tangerang Dalam Visual di penutupan kegiatan. “Jadi gak cuma budaya tradisional tapi juga ada budaya jaman now,” tutup Rina.(abe)