oleh

Festival Durian Banten 2020 Hadirkan 32 Jenis Durian

Tangerangcorner.com – Dalam rangka penyelamatan sumber daya genetika durian Banten, Pemerintah Provinsi Banten menggelar Festival Durian Banten 2020 di The Flavor Bliss, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) pada Sabtu – Minggu 1 – 2 Februari 2020.

Pada ajang ini 32 varietas durian-durian terbaik dari Banten akan dilombakan dan juga akan disiapkan sebanyak 1.000 durian yang bisa disantap atau dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

Wahidin Halim, Gubernur Banten mengatakan bahwa durian dari Banten secara kualitas mampu bersaing dengan durian lokal dari daerah lain bahkan luar negeri. Selain memiliki kekhasan dalam setiap jenisnya, jenis durian pun beragam dengan bentuk, tekstur hingga rasa.

“Kita harus bangga bahwa Banten memiliki kontur tanah yang subur dan potensial untuk ditanami berbagai tanaman termasuk durian dengan kualitas yang sangat baik. Kita ingin lebih banyak orang bisa merasakan dan tahu akan potensi yang kita miliki,” jelasnya.

WH sapaan akrab Wahidin melanjutkan bahwa Provinsi Banten terkenal sebagai salah satu sentra durian pada masa lalu. Dulu ada ratusan kampung di Kabupaten Pandeglang dan beberapa kampung di Kabupaten Lebak serta Kabupaten Serang yang menggunakan nama kadu atau dalam bahasa Sunda bermakna durian untuk nama daerah.

Sebagai contoh Kadu Gajah, Kadu Panjang, Kadu Ngora, Kadu Ketug dan masih banyak lainnya. Tak hanya sekedar nama, namun buah durian juga memang menjadi salah satu potensi perkebunan strategis di Banten.

“Saya yakin, durian Banten layak untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Pemerintah akan mendukung penuh pengembangan dan pelestarian durian sebagai buah unggulan daerah,” harapnya.

Sementara, Siti Maryam, Ketua Pelaksana dari Dinas Pertanian Provinsi Banten menjelaskan gelaran ini digelar kali ke lima oleh Provinsi Banten. Selain buah durian segar, festival ini juga dimeriahkan berbagai lomba karya cipta olahan durian dan produk pangan lokal khas tanah Jawara.

“Selain makan durian 1000 durian gratis, masyarakat juga bisa melihat berbagai produk olahan durian, ada kontes durian dan lomba-lomba. Tidak lupa pecinta durian yang ingin mencicipi durian Banten di rumah, bisa membeli disini,” ucapnya.

Ia melanjutkan bahwa durian asli Banten berasal dari Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang. Durian-durian lokal Banten memiliki khas dan rasa yang berbeda.

“Meski sama-sama ditanam di tanah Banten, rasa dan khas dari masing-masing wilayah berbeda. Kami ingin pecinta durian di Indonesia yang sangat banyak lebih memilih durian-durian lokal untuk mensejahterakan petani durian lokal,” pungkasnya. (alf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed