oleh

First Travel Harus Kembalikan Dana Jemaah

Tangerang– Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan In-Bound Indonesia (Asphurindo), Syam Resfiadi, berharap jemaah yang menjadi korban Biro perjalanan First Travel, dikembalikan dananya.

“Harapanya ada refund uang jemaah. Tapi itukan nanti dilihat laporan keuangan FT dan sebagainya, sehingga korban FT bisa leluasa dalam pengembalian dana,” kata dia, Kamis (10/8/2017), di Lounge Umroh Bandara Soekarnoa Hatta, Kota Tangerang.

Pihaknya selaku asosiasi, mengaku tak bisa melakukan banyak hal terkait permasalahan yang dialami jemaah First Travel. Karena harga yang ditawarkan First Travel sangat jauh dari harga umum yang ditawarkan biro perjalanan umroh reguler.

“Kami selaku organisasi tidak bisa melakukan hal lebih jauh, selain hanya bisa mengayomi, menasehati. Tapi kalau sudah jauh masalah teknis itu masuk ke perusahaan travel itu masing masing,” kata dia.

Dirinya berharap, Proses hukum terhadap First Travel bisa menjadi pelajaran semua pihak untuk menjadi lebih baik. Karena bukan saja jemaah, biro perjalanan, pemerintah juga bisa memetik hikmah dari peristiwa ini.

“Kita syukuri saja bahwa keputusan sudah diambil, dan Kita harpakan prosesnya berjalan baik,” cetus Syam Resfiadi, Ketua Asphurindo, ditemui di Lounge Umroh, Bandara Soekarno Hatta, Kamis (10/8).(han)