oleh

Garuda dan Citilink Tambah Extra Seat

Tangerang – PT Garuda Indonesia melalui layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink menyiapkan sedikitnya 73.158 ribu kursi tambahan (extra seat) untuk penerbangan domestik dan juga internasional pada musim libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2018.

Penambahan ekstra seat ini, sebagai upaya antisipasi penambahan jumlah penumpang nataru, yang dimulai sejak tanggal 20 Desember hingga 6 Januari 2018.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala N Mansury menegaskan, kapasitas tambahan tersebut terdiri dari 22.758 kursi tambahan pada layanan penerbangan Garuda Indonesia dan 50.400 kursi tambahan pada layanan penerbangan Citilink.

Adapun frekuensi penambahan kapasitas layanan penerbangan tambahan tersebut, ungkap Pahala, terdiri dari sedikitnya 108 frekuensi penerbangan Garuda Indonesia dan lebih dari 140 frekuensi penerbangan Citilink.

Dijelaskan Pahala, dengan rencana penambahan kursi dari penerbangan ekstra dan pengoperasian pesawat berbadan lebar “wide body” itu, maka jumlah ketersediaan kursi tambahan pesawat Garuda Indonesia selama periode liburan akhir tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Angka ini meningkat jika dibandingkan kapasitas kursi tambahan Garuda Indonesia Group pada periode liburan Natal dan Tahun Baru tahun 2016 lalu.

“Adapun kapasitas tambahan Garuda Indonesia sebagai  mainbrand pada periode liburan akhir tahun ini, terdiri dari 14 ribu lebih kursi tambahan yang terbagi dalam 50 frekuensi penerbangan ekstra di rute-rute penerbangan domestik dan internasional,”  ucap Pahala, Senin 18 Desember 2017 di terminal 3 BSH.

Sementara 8 ribu kursi tambahan yang dilayani melalui 58 frekuensi penerbangan menggunakan bigger aircraf atau pesawat berbadan lebar pada sejumlah rute penerbangan domestik dan internasional”

“Tentunya kami terus memonitor perkembangan demand pasar pada periode peak season akhir tahun ini, sekiranya diperlukan penambahan kapasitas layanan penerbangan lebih lanjut”, ucapnya.

Adapun penambahan kapasitas penerbangan Garuda Indonesia melalui penerbangan extra flight lanjut dia, akan dilaksanakan pada rute-rute penerbangan domestik dan internasional dengan trafik penumpang tinggi, seperti misalnya Jakarta – Denpasar pp, Jakarta – Medan pp, Surabaya – Denpasar pp, Medan- Gunung Sitoli pp, maupun Jakarta – Osaka pp.

Sementara itu, pengoperasian “bigger aircraft” akan dilakukan pada 6 sektor penerbangan Garuda Indonesia yang terdiri dari rute penerbangan Jakarta – Denpasar pp, Jakarta – Medan pp, Jakarta – Labuan Bajo pp, Jakarta – Kuala Lumpur pp, Jakarta – Hong Kong pp, dan Jakarta- Bangkok pp.

Pahala melanjutkan, Penggunaan bigger aircraft pada periode libur akhir tahun tersebut dilakukan melalui pengoperasian armada Boeing 777-300ER kapasitas 314 dan 393 seat, untuk Airbus A330-300  kapasitas 251, 287, 360 seat dan Airbus A330-200 kapasitas 222 seat yang akan menggantikan armada reguler B737-800 NG di sejumlah sektor penerbangan.

Sedangkan untuk Citilink, ungkap dia, pihaknya pada tahun ini merencanakan akan menyediakan sedikitnya 50.400 kursi tambahan melalui penyediaan extra flight di 6 sektor penerbangan yang terdiri dari Rute Jakarta – Malang pp, Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Semarang pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Denpasar pp, dan Surabaya – Denpasar pp. (han)