oleh

Gelar Upacara Hari Santri Nasional Dengan Tema “Santri Zaman Now”

Ciputat – Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober, dirayakan oleh santri-santri di Indonesia dengan berbagai cara.

Seperti yang dilakukan oleh MA Soebono Mantofani yang terletak di Jalan Sumatera No 75 Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. Sejak pagi hari, para siswa sudah berpakaian muslim dengan sarung. Sementara, untuk siswi mengenakan baju muslimah berwarna putih.

Namun, ada yang unik yaitu tema yang di angkat yakni “Santri Zaman Now”. Kepala MA Soebono Mantofani, Linda Asmarani mengatakan, alasannya memilih tema tersebut, karena banyak yang beranggapan bahwa masyarakat menilai bahwa santri kuno.

“Mungkin orang berpikir santri itu kuno identik dengan tradisional. Nah, Santri Zaman Now itu keren kece ikut trend masa kini, namun tetep bijaksana santun taat sama agama tapi juga ngikutin perkembangan IPTEK. Makanya saat melaksanakan apel pake bahasa Inggris,” papar Linda.

Menurutnya, hari santri itu dicirikan dengan berbagai kegiatan. Tentunya, kegiatan tersebut mencerminkan sikap santri yang seharusnya.

“Sekali santri tetep santri, santri itu dicirikan oleh ketaatannya kepada Allah dan Rasul-Nya, baktinya kepada kedua orang tua, penghormatannya kepada guru dan kyai, kesederhanaannya dalam hidup, kerendahan hatinya terhadap sesama, keikhlasannya dalam beribadah dan beramal, serta patriotisme dan nasionalismenya kepada Negara dan bangsa,” jelasnya. (lan)