IKPP Tangerang Wakafkan 4.000 Al Quran ke 60 Pesantren

Tangerang Selatan– Dalam rangka silaturahmi dan berbagi kebaikan di bulan suci Ramadhan, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) – Tangerang Mill kembali mendonasikan 4.000 mushaf Al Quran. Acara yang berlangsung di Masjid Al Istiqomah IKPP Tangerang ini turut dihadiri ratusan anak yatim, serta Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, serta unsur muspida setempat.

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas ini mendonasikan 4.000 Al Quran ke 60 pesantren di wilayah Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang. Selain itu memberikan santunan kepada 500 anak yatim.

“Program Wakaf Quran merupakan upaya kami guna mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Hal ini juga merupakan komitmen kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air,” Ungkap Direktur Sinar Mas Yan Partawidjaja.

“Kami menempatkan kegiatan wakaf quran ke dalam program corporate social responsibility yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri,” tambah Yan.

Kertas Al Quran yang diwakafkan ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh unit industri APP, Indah Kiat Pulp & Paper – Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus. Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil. Tinta tidak meluber, dan tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Bahkan, kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kelebihan lainnya, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90 % dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Al Quran seluruh dunia, antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Saat ini APP Sinar Mas sudah memasok 60% kebutuhan kertas Al Quran di dunia sejak tahun lalu.

Selain itu, pertimbangan mewakafkan mushaf dipilih karena versi cetak tetap menjadi pilihan utama umat muslim. “Teknologi digital memang semakin maju dan menjadi alternatif yang baik guna mendalami nilai-nilai keislaman. Namun kebutuhan masyarakat akan mushaf tercetak belum tergantikan,” terang Yan.

Sejak tahun 2008, dengan dukungan APP Sinar Mas telah terdonasikan lebih dari 800 ribu mushaf Alquran, 150 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah. Tahun ini, APP Sinar Mas berencana mewakafkan hingga 150.000 mushaf, berikut 25.000 Juz Amma.

Penyaluran donasi Al-Quran dengan kertas premium ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh APP Sinar Mas bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air. (red)

Leave A Comment