oleh

Indonesia Goes Pink 2017 Diadakan di Bali Oktober Mendatang

Jakarta – Sebagai salah satu wujud kepedulian dan rangkaian kegiatan kampanye kanker payudara di Indonesia, Lovepink mengumumkan hasil Lovepink Survey yang diinisiasi oleh Lovepink bersama MARS dan Detik Health dalam acara yang bertema “Indonesia Goes Pink For The Love of Live” di Jakarta, Kamis (14/9).

Kegiatan ini diadadakan untuk mengetahui data akurat mengenai kanker payudara di Indonesia. Lovepink juga mengumumkan kegiatan Indonesia Goes Pink (IGP) yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada tanggal 7-8 Oktober 2017 berkolaborasi dengan Bali Pink Ribbon, Reach to Recovery Surabaya dan Rumah Sakit Onkologi Surabaya.

Berdasarkan potret penderita kanker payudara di Jakarta yang diperoleh dari hasil Lovepink survey, ditemukan adanya pergerakan pasien kanker payudara ke arah usia muda yaitu 30-34 tahun. Selain itu banyak pasien kanker payudara yang sering terlambat dalam mendapatkan penanganan dan ketika diperiksa sudah stadium lanjut.

Shanti Persada, Founder Lovepink menjelaskan bahwa melihat berbagai potret dan fakta mengenai survey kanker payudara yang dilakukan maka diperlukan langkah aktif dari masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi berbagai isu mengenai kanker payudara.

“Pencegahan kanker payudara bisa dengan memberikan penyuluhan mengenai kanker payudara disertai dengan cek medis gratis untuk memberikan pengetahuan seputar kanker payudara pada remaja. Lalu bisa juga memberikan sosialisasi cara mendeteksi awal kanker payudara dengan Sadari dan Sadania, selain itu masyarakat juga harus memilah informasi yang benar dan segera berkonsultasi ke dokter jika menemukan gejala kanker,” ungkapnya.

Sementara, Samantha Barbara, Wakil Ketua IGP menambahkan bahwa ia melihat sumber informasi yang paling dipercaya adalah pengalaman dari penyintas, maka untuk menjawab hal tersebut, kami meyelenggerakan Indonesia Goes Pink (IGP) sebagai wadah bagi para warriors, survivors dan para supporter untuk dapat menggali informasi lebih dalam mengenai kanker payudara dan saling menyemangati serta bekerjasama untuk melawan kanker payudara.”

IGP merupakan kegiatan peduli kanker payudara yang terbuka untuk para warriors, survivors, kerabat, dan keluarga. Rangkaian aktivitas IGP terdiri dari gathering bersama para survivor, workshop (make up class, self healing, belajar memakai kain) talkshow, Thousand Voices of Survivors Dinner, serta Pink Run, Fun Walk, dan pemeriksaan USG.