Innovation Project PIF 2019 Diikuti Mahasiswa Berbagai Daerah

1 Oktober 2019
93 Views

Tangerangcorner.com – Puspiptek Innovation Festival (PIF) merupakan ajang tahunan dari Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan & Teknologi (Puspiptek) yang digelar Kamis 3 Oktober hingga Minggu 6 Oktober 2019.

Salah satu rangkaian acara PIF 2019 yaitu Innovation Project yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai daerah. Sebanyak 262 proposal project masuk ke Puspiptek dan hanya 131 yang lulus seleksi administrasi. Hingga akhirnya kini peserta yang mencapai 10 besar hadir di Puspiptek untuk mengikuti PIF 2019.

Adapun 10 besar peserta berasal dari perguruan tinggi ternama seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Jambi, Universitas Diponegoro, dan Universitas Sampoerna.

Sri Setyawati, Kepala Puspiptek mengatakan bahwa Innovation Project ini melibatkan para generasi muda hingga mereka yang menghasilkan produk. Melalui kegiatan ini juga mereka akan mengkomunikasikan hasil penelitian.

“Melalui kegiatan ini bisa bertemu banyak orang dan berkolabrasi. saat ini adalah era kolaborasi, kalau ada ilmu di share ke yang lain dan antar inovasi berkolaborasi sehingga bisa berkembang, ” jelasnya di Graha Widya Bakti (GWB) Puspiptek, Setu, Kota Tangsel, Senin 1/10/2019.

Lanjut Sri bahwa gelaran PIF ini akan memberikan pengetahuan ke masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya teknologi dan inovasi. Mengusung tag line ‘Innovation Without Limit’ dengan arti bahwa inovasi itu tidak ada batasan.

“Inovasi itu bukan ada di Puspiptek saja, siapapun bisa berinovasi, siapapun kita bisa berinovasi bisa menghasilkan produk,” tambahnya.

Salah satu peserta Innovation Project adalah mahasiswa dari Universitas Sampoerna yang melakukan penelitian terhadap kurangnya kesadaran minum masyarakat Indonesia yang menyebabkan dehidrasi.

Dari gagasan tersebut tiga mahasiswa yaitu Nisa Khairiyah, Ashrianti, dan Given menciptakan suatu botol air minum yang berbunyi untuk mengingatkan kita minum bernama DRREBO yang merupakan singkatan dari Drink Reminder Bottle dalam Bahasa Indonesia bermakna Botol Pengingat Minum

Nisa Khairiyah, Ketua Tim mengatakan bahwa gagasan ini muncul karena kurangnya masyarakat untuk minum air putih dan menyebabkan dehidrasi. Botol tersebut nanti akan berbunyi kurang lebih setiap sejam sekali untuk mengingatkan minum. Selain itu botol dengan kapasitas 600 mililiter ini harus diisi 4 kali.

“Total sehari kebutuhan minum manusia sebanyak 2,4 liter sehingga sehari harus diisi empat kali. Nanti akan ada pengingat untuk mengisi dan minum. Semoga produk ini akan berfungsi untuk masyarakat banyak agar sadar kesehatan dengan air minum” pungkasnya. (alf)

Leave A Comment