Jalan Amblas di Puspiptek Raya Tangsel, Petugas Buka Tutup Jalur

Tangerang Selatan – Petugas gabungan tengah memerbaiki lubang besar yang berada di Jalan Raya Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel). Beberapa alat berat nampak terlihat berada di lokasi. Proses pengerjaan itu membuat petugas menutup dua jalur yang melintasi titik amblasnya jalan.

Lubang besar akibat jalan yang amblas itu terletak persis di depan Perumahan Serpong Jaya. Diketahui, Jalan Raya Puspiptek memiliki 2 jalur, satu mengarah dari Viktor ke Pamulang, dan satu jalurnya lagi mengarah sebaliknya.

Karena ditutup kedua jalurnya, laju lalu lintas menjadi tersendat. Petugas dari Dinas Perhubungan menerapkan sistem buka-tutup agar pengendara bisa melalui badan jalan milik Perumahan Serpong Jaya secara bergantian.

“Kita tutup jalannya, jadi bergantian. Karena ini sedang di lakukan penanganan untuk memerbaiki lubang yang amblas itu,” terang Nazarudin, Wakil Danru Dishub Tangsel, Rabu (13/3/2019).

Lubang terbuka itu memiliki diameter sekira 2 hingga 3 meter, praktis menutup sebagian jalur yang ada. Amblasnya permukaan jalan terjadi pada Selasa 12 Maret 2019 siang kemarin. Beruntung tak ada korban pengendara yang melintas saat peristiwa terjadi.

“Kita imbau para pengendara, sementara lebih baik menghindari jalan ini. Bisa berputar lewat arah Pamulang 2, begitupun sebaliknya bisa melalui Jalan Ciater. Karena kalau pun harus melalui jalan ini maka mau tidak mau agak tersendat, karena kita buka-tutup,” imbuhnya.

Belum diketahui penyebab amblasnya permukaan jalan itu, namun beberapa warga sekitar menyebutkan jika di bawah permukaan jalan yang amblas itu terdapat saluran air kali. Diduga, aliran air tersebut telah menggerus material tanah hingga membuatnya amblas.

“Dulunya di bawah jalan itu kan ada aliran kali, lumayan besar, mungkin karena tergerus air jadi material tanah di bawahnya ikut bergeser, akhirnya amblas,” ungkap Jimmy (37) salah satu warga sekitar. (jol)

Leave A Comment