oleh

Jumlah Klaim BPJSTK di Kota Tangsel Masih Rendah

Serpong – Jumlah klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) masih rendah. Terhitung per September jumlah klaim yang berhasil dihimpun oleh BPJSTK mencapai 14.245 orang atau setara dengan nominal Rp262 miliar. Padahal tahun lalu, sedikitnya BPJSTK mencatat 19.992 klaim berhasil dihimpun dengan nominal mencapai Rp270 miliar. Artinya, sampai bulan September ini, BPJSTK masih belum mengalahkan rekor pencapaian sebelumnya.

Kepala Bidang Pelayanan BPJSTK Kota Tangsel Helena mengatakan jumlah tersebut memang masih jauh dari target yang ditentukan yakni seluruh tenaga kerja yang ada di Tangsel bisa menggunakan fasilitas yang diberikan pemerintah ini. Namun dirinya menegaskan jumlah klaim tersebut akan terus bertambah sampai akhir tahun. Helena menjelaskan masyarakat yang belum terdukasi dengan tepat merupakan alasan jumlah klaim yang belum maksimal.

”Masyarakat tahunya kalau jaminan kita itu cuma kecelakaan kerja saja. Padahal kita punya dana pensiun, dana kematian, beasiswa untuk anak dan banyak yang lainnya. Makanya, masyarakat ini masih perlu edukasi mengenai pentingnya BPJSTK,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini hampir 80 persen jumlah perusahaan yang sudah bekerjasama dengan BPJSTK untuk memberikan garansi pelindungan kepada pegawainya. Sisanya, akan terus dia optimalkan dengan melakukan berbagai maca sosialisasi. Ia pun optimis menjelang akhir tahun jumlah klaim akan bertambah dan mematahkan pencapaian tahun lalu.

”Pasti meningkat, karena di bulan Oktober, November, dan Desember ini kita kebut. Lagi pula dalam sehari, jumlah klaim yang masuk ke kantor itu mencapai 200 orang,” pungkasnya.