oleh

Kecamatan Ciputat Timur Gelar Lomba Kebersihan

Ciputat Timur – Kecamatan Ciputat Timur “Gelar Lomba Kebersihan Tingkat RW se-Kecamatan Ciputat Timur”. Lomba ini bagian dari rangkaian HUT Kota Tangsel ke IX yang digelar selama dua hari, (8-9/11). Hari pertama tim juri tinjau ke semua titik lokasi, hari kedua pengumuman pemenang dan pembagian hadiah.

Lomba melibatkan seluruh kelurahan, sedikitnya ada enam kelurahan yang masing-masing mengunggulkan RW bersih di tiga titik lokasi sehingga jumlah seluruhnya ada delapan belas titik RW yang diikutsertakan.

Pada hari pertama rangkaian penilaian, Camat Ciputat Timur Durahman ikut serta terjun kelapangan meninjau setiap RW yang ikut serta lomba. Di sela kegiatan ia mengungkapkan kegiatan ini bagian dari rangkaian HUT Kota Tangsel yang ke IX yang akan disusul dengan kegiatan yang lain. Namun esensi yang perlu dipetik dari lomba kebersihan ini adalah menjaga lingkungan bersih menjadi kewajiban bersama.

“Sudah menjadi keharusan bahwa kebersihan tangung jawab kita bersama jadi bukan hanya saat ada lomba saja bersih-bersih merapikan lingkungan tapi harus setiap hari dilakukan,” tukasnya.

Dewan juri melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel. Mereka menilai sesuai dengan kondisi yang ada, baik dari aspek menajemen pengolahan sampah, seperti bank sampah dan lain-lain serta pemantauan potensi jentik di saluran air.

Kasi Kesos Kecamatan Ciputat Timur, Tin Kartiyantie menambahkan perlombaan ini tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya. Sebelum ada perlombaan diadakan penyuluhan kepada masing-masing kelurahan, untuk itu ini bagian dari implementasi secara nyata.

“Kami sebelumnya telah memberikan penyuluhan tentang kebersihan di tingkat RW di setiap kelurahan. Untuk membuktikan apakah ilmu yang sudah diberikan diterapkan atau tidak, kami adakan lomba dan terbukti mereka menerapkan,” tambah ia. (ccp)