oleh

Lolos di Berbagai PTN, SMKN 5 Tangsel Tingkatkan Program BMW di Berbagai Kejuruan

Tangerangcorner.com – Program Bekerja, Melanjutkan, dan Wirausaha (BMW) merupakan program pemerintah untuk menjadi solusi bagi lulusan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  (SMKN)  5 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) setelah lulus.

Melalui Program BMW inilah SMKN 5 Tangsel telah berhasil meningkatkan prestasi bagi para siswa dan siswinya dalam menembus perguruan tinggi negeri  dan menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Program Keunggulan (SMK PK).

“Dengan program BMW inilah para pelajar kami akan punya banyak pilihan apakah mereka akan bekerja, melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau berwirausaha, dan hal yang juga membanggakan adalah sekolah kami ditetapkan sebagai SMK PK,” terang R. Rudi Darmawan, Wakil Kepala Sekolah SMKN 5 Tangsel dan sekaligus Humas,  Kamis (27/07/2022).

Dia menambahkan prestasi di SMKN 5 Tangsel dengan program BMW juga merupakan sebuah konsep dari Dirjen Pendidikan Vokasi yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya,

“BMW itu sebuah konsep yang pernah dikemukakan oleh Pak Wikan Dirjen Pendidikan Vokasi yang telah kita programkan di SMK kami. Kesuksesan pada anak-anak ini adalah sebuah perkembangan yang sangat baik dan membanggakaN,  dari tahun ke tahun kita menganalisa mengevaluasi bahwa semakin tahun semakin bertambah bagi siswa siswi yang berprestasi dapat diterima di perguruan tinggi negeri,” terangnya.

Dia melanjutkan ada 8 murid alumni SMKN 5 yang telah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui UTBK dan SBMPTN tahun 2022.

“Tahun lalu hanya ada 3 pelajar. Alhamdulillah tahun ini ada 8 pelajar yang diterima di perguruan tinggi negeri, yakni 3 dari jalur undangan, 4 dari jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK red) Sekolah Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN red) dan 1 dari jalur mandiri,” ungkapnya.

Dia menilai, keberhasilan dan peningkatan dari siswa yang telah diterima di PTN  tidak lepas dari bimbingan dari para guru terutama guru BK.

“Semua berkat kerja keras, dalam  kordinasi dan bimbingan dengan guru guru produktif dan juga BK yang juga sebagai kordinator dalam mendampingi peserta didik untuk meneruskan ke perguruan tinggi, bekerja atau berusaha. Tahun ini lebih banyak yang berhasil dari tahun lalu,” jelasnya.

Senada guru BK SMKN 5 Tangsel Nazlatunihayah menambahkan, menurutnya, meski SMK adalah sekolah kejuruan namun SMKN 5 Tangsel memberikan bukti, bahwa sekolah kejuruan juga mampu dan bersaing dapat diterima di perguruan tinggi negeri dan dapat lebih berprestasi.

“Kita kan SMK nah ketika ada yg lolos di perguruan tinggi negeri seperti UIN atau UNPAD kan kami ikut senang. Kita sebagai guru BK mengarahkan  ini loh strateginya. Belajar yg baik dan fokus. Mereka belajar murni. Setelah keluar dari sini mereka belajar, mereka punya tekad saya bangga pada mereka,” pungkas Nazlatunihayah di ruang kerjanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, berikut nama nama siswa yang telah siterima di beberapa PTN melalui jalur undangan, yakni Mahardhika Dwi Laksono UNBRAW, Zita Nurhaliza UIN, Jivan Santika Politeknik Negeri Perkapalan, melalui jalur UTBK SBMPTN yaitu, Raissa Hardy UPN Veteran Jakarta, Sapto Aura Nur Sabitha UNPAD, Aurelya Putri UPN Veteran Jakarta, M. Raihan UNBRAW, M fauzan Arrafi UI, dan Jafar Raihana Polteker Jakarta. (h3n)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed