oleh

Megawati Minta Anggaran Riset dan Penelitian Dinaikan

Tangerang – Ketua Umum PDI perjuangan  Megawati Soekarno Putri, mengingatkan  pemerintah memerhatikan bidang riset dan penelitian dalam pembangunan bangsa.

Dalam pidato pembukaan Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan, mantan Presiden RI ke-5 ini mengatakan, dasar pembangunan haruslah bersifat ilmiah. “Bung Karno mengingatkan kita dasar perencanaan pembangunan basen on science,” ucapnya Sabtu 16 Desember 2017 di Rakornas Tiga Pilar PDIP, di ICE BSD City.

Dihadapan Presiden Joko Widodo, Megawati mengungkapkan keresahannya, atas minimnya perhatian pemerintah terhadap bidang riset dan penelitian di Indonesia.

Menurut dia, semenjak dirinya menjadi anggota DPR RI sampai saat ini, perencanaaan APBN untuk riset tak pernah mencapai 1 persen dari APBN.

“Bapak Presiden, dari sejak saya di DPR sampai sekarang, saya engga mengerti kita ingin maju, tapi dalam perencanan APBN riset dan penelitian dari dulu  1 persen saja tidak pernah. Jadi sangat aneh kita bercita-cita memajukan negara,” katanya.

Dia pun memohon, kepada Pemerintah untuk meningkatkan anggaran riset dan penelitian hingga 5 persen.  “Dalam kesempatan yang baik sebagai Ketum PDIP, kalau berbicara APBN saya mohon dengan sangat, kalau bisa sampai 5 persen untuk riset dan penelitian. Siapa tau bisa jadi 2,5 persen,” ucap Megawati.

Megawati berharap, riset pembangunan yang terus dilakukan berorientasi pada penyelamatan lingkungan dan kekayaan hayati Indonesia.

Dihadapan ribuan kader dan tamu undangan yang hadir dia berpesan, Indonesia yang sangat kaya akan alamnya bukan semata untuk dieksploitasi. “Kekayaan alam bukan untuk eksploitasi atas nama investasi. Eksploitasi hanya membawa kehancuran,” tegas dia.(han)