oleh

Melestarikan Kendaraan Lawas Colt T120

Serpong Utara – Colt T120 merupakan sebuah kendaraan yang booming pada era 70an. Di era itu mobil lansiran pabrikan Jepang, Mistubishi tersebut banyak digunakan sebagai mobil niaga dan mobil keluarga dengan julukan Raja Jalanan.  Kini di era modern mobil Mitsubishi Colt T120 termasuk mobil antik lantaran produksinya pada era 70an dan memiliki bentuk yang unik.

Demi melestarikan keberadaan Colt T120, beberapa orang kerap berkumpul dan membentuk sebuah komunitas yang menaungi pemilik Colt T120. Mengambil nama Colt Mania, komunitas ini dibentuk pada tahun 2014 yang hingga kini sudah memiliki belasan anggota.

Bambang Legowo, Koordinator Colt Mania mengatakan bahwa dalam komunitas ini kita semua sama. Dalam artian tidak ada ketua, pengurus, dan senior karena alasan tertentu. “Di sini kami tidak ada ketua karena kami tidak ingin ada jarak antar-anggota satu dan lain. Yang paling penting itu bisa berkumpul dengan semua,” ucapnya.

Dikatakan Bambang bahwa motivasi untuk berkumpul sesama pecinta Colt T120 bukanlah hura-hura. Akan tetapi ada misi positif untuk menjalin persaudaraan antar-sesama orang Indonesia tanpa membedakan suku dan agama. Tujuan utama Colt Mania yakni ingin terus melestarikan keberadaan Colt T120 di Indonesia dan juga mobil klasik atau tua. “Para pemilik Colt T120 yang bergabung di Colt Mania banyak memiliki ikatan emosional serta kenangan bersama keluarga dulu ketika kecil.”

Para anggota Colt Mania juga kerap berdiskusi dan sharing mengenai spare part dari Colt T120. Para member pun juga berbagi info dan saling memberi masukan terhadap kendaraan yang dimiliki. Para anggota di Colt Mania memiliki beragam aliran konsep mobil, ada yang memiliki Colt T120 full original dan full modifikasi.

“Perbedaan konsep modifikasi tidak menjadi alasan untuk tidak bergabung. Bagi kami sangat penting untuk melestarikan keberadaan mobil tua ini. Mengenai perawatan pun tidak sulit, asalkan orang tersebut memahami soal mesin,” pungkas Bambang. (adh)