oleh

Mengenal Osteoporosis Melalui Bincang Sehat di Siloam Lippo Village

Kelapa Dua – Siloam Lippo Village mengadakan Bincang Sehat Bersama Spesialis di Auditorium Lantai 11, Lippo Karawaci, Sabtu (16/12). Mengusung tema Deteksi Dini Keropos Tulang, Kapan dan Bagaimana, kegiatan ini menghadirkan dua dokter spesialis yaitu dr. Putut Sugiantoro, SPoT dan dr. Leny Puspitasari SpPD.

Osteoporosis merupakan kondisi kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan patah. Walau osteoporisis dentik ialami oleh para wanita yang memasuki fase menopause di atas 40 tahun, tetapi nyatanya osteoporosis juga terbukti dapat dialami pula oleh pria lanjut usia.

“Secara perlahan, kepadatan tulang akan makin berkurang dan proses ini dimulai sekitar umur 30 sampai 35 tahun,” jelas dr. Leny Puspitasari, SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Siloam Hospitals Lippo Village.

Semua orang dapat menjaga tulang mereka tetap sehat dan mengurangi risiko osteoporosis dengan menerapkan pola makan sehat disertai dengan olahraga secara teratur atau lakukan aktivitas.

Selain itu perbanyak pilihan makanan yang kaya kandungan vitamin D dan kalsium, serta tidak merokok. Kemudian dianjurkan untuk menghindari konsumsi obat steroid dan cukup kena sinar matahari.

“Asupan kalsium dan vitamin D sangat penting untuk membentuk puncak massa tulang yang optimal pada usia muda dan mencegah osteoporosis di usia lanjut,” tambah dr. Leny.

Lebih lanjut dr. Leny mengatakan untuk pasien di Siloam Hospiltals Lippo Karawaci, mereka datang setelah terjadi pengroposan tulang. Itu juga diketahui setelah mereka melakukan pemeriksaan penyakit dalam seperti diabetes.

“Jadi sangat jarang, pasien datang untuk pemeriksaan dini terhadap osteoporosis dan sebaiknya pengecekan kepadatan tulang dilakukan saat usia 50 tahun.”

Osteoporosis atau tulang keropos yang sering diderita oleh pria dan wanita lanjut usia (lansia) merupakan salah satu penyakit yang tidak memiliki gejala yang khas. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan tulang sesuai standar medis yang ditetapkan.

Siloam Hospitals Lippo Village juga mempersembahkan ‘Paket Osteoporosis’ senilai Rp 1.300.000 yang terdiri dari konsul ke Dokter Spesialis Orthopedi, Cek kepadatan tulang dengan alat Bone Mineral Densitometer( BMD) dan Cek darah untuk mengetahui kadar vitamin D dan kalsium.

“Osteoporosis sejak dini bisa dideteksi dengan BMD Test. BMD ini aman, dan prosesnya cepat. Dengan alat ini bisa mengetahui tingkat kepadatan tulang, apakah tulangnya mulai gejala osteoporosis atau sudah terjadi osteoporosis,” pungkas dr. Leny.