oleh

Pacific Paint Gagas Kampung Bekelir di Indonesia

Tangerang – Pacific Paint merupakan Perusahaan cat ternama dan tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1943. Kali ini Pacific Paint melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memberdayakan masyarakat sekitar bekerjasama dengan tokoh masyarakat menggagas “Kampung Bekelir” yang berlokasi di Kelurahan Babakan Kota Tangerang.

Head of Marketing Pacific Paint, Ricky Soesanto menjelaskan, Kampung Bekelir adalah mitra binaan Pacific Paint yang merupakan kawasan dengan 300 rumah yang berlokasi di RW 01 Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang dengan dihiasi mural dan grafiti tematik disetiap dinding rumah warga dengan lukisan sejarah dan kearifan lokal serta dimasing- masing lorong mengusung warna yang berbeda-beda sehingga terdapat ratusan mural dan grafiti yang indah.

“Ini merupakan obyek wisata kekinian bagi masyarakat kota Tangerang dan sekitarnya untuk melengkapi obyek wisata yang tak jauh dari lokasi seperti Pasar Lama, Kali Cisadane dan Klenteng Tua Boen Tek Bio yang mana wisatawan selain dapat menikmati wisata kuliner, wisata edukasi UKM lokal seperti emping jengkol, tauge kacang hijau, sayuran hidroponik, bank sampah dan sebagainya dan tentunya wisata mural warna- warni,’ kata Ricky, Kamis (16/11).

Lanjut Ricky, Pacific Paint juga telah melakukan pengecatan 100 tempat ibadah dalam kurun 50 hari, di tahun 2012 pengecatan Masjid Banten Lama.

Kampung Bekelir di kota Tangerang mulai dilakukan pada tahun 2017 dengan awal lukisan sebanyak 1121 mural yang merupakan ide dari Ibnu Jandi Komisaris PT Ira Cipta Nusantara dan Lurah Babakan Abu Sofyan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Tangerang, R. Rina Hernaningsih berharap kedepannnya “Kampung Bekelir” bertambah bagus dengan dibangunnya kios- kios bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta bisa menjadi penghasilan bagi masyarakat di kampung tersebut.

“Mudah- mudahan wisata “Kampung Bekelir”  mampu mengangkat tingkat kunjungan wisatawan  ke Kota Tangerang,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Babakan Abu sofyan menambahkan, Kampung Bekelir merupakan salah satu program Pemkot Tangerang, untuk menunjang program kampung bekelir dirinya mengajak masyarakat untuk mengubah kampungnya menjadi lebih sehat dan indah.

“Alhamdulillah tadinya cuman 20 seniman bergabung, Kini sudah 300 seniman untuk menghias kota Ahlakul Karimah serta membantu mewujudkan program Pemkot Tangerang,” ujar Abu. (abe)