oleh

Panwaslu Kota Tangerang Adakan Tes Tertulis Calon Panwascam

Tangerang – Sebanyak 86 orang calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se – Kota Tangerang mengikuti tes tulis, Minggu 8 Oktober 2017 di Aula Universitas MuhammadiyahTangerang, Jl. Perintis Kemerdekaan I Kota Tangerang.

Di antara 86 peserta tes tulis calon Panwascam itu, terdapat beberapa orang yang pernah menjadi penyelenggara Pemilu pada masa sebelumnya. Mereka ada yang pernah di tingkat kelurahan, kecamatan bahkan ada mantan komisioner Panwaslu KotaTangerang.Para peserta yang mengikuti tes tulis tersebut sebelumnya telah melewati seleksi administrasi.Dari sebanyak 98 orang yang mendaftar, Panwaslu Kota Tangerang menetapkan 93 pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Sementara tujuh orang tidak ikut seleksi tertulis ini.

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim menjelaskan, para peserta seleksi ini berasal dari penyelenggara Pilkada lalu, akademisi, guru, wartawan dan pekerja sosial.

“Dari seleksi tulis ini akan tersaring masing-masing wilayah kecamatan sebanyak enam orang untuk menuju tes wawancara.  Nantinya, mereka yang lulus menjadi Panwascam orang-orang terbaik  sebagai penyelenggara di bidang pengawasan PemiluKota Tangerang yang berkualitas,  bermartabat dan berintegritas,” jelas Agus Muslim.

Selain intelektualitas, sambung Agus Muslim,integritas menjadi hal penting bagi penyelenggara untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Direncanakan, kata Agus, wawancara calon Panwascam akan dilaksanakan 15 – 17 Oktober. Sementara pelantikan akan berlangsung 22 – 23 Oktober 2017.

Dijelaskan Agus, mengacu kepada UU nomor 10 tahun 2016, Panwaslu dan Panwascam mengawasi seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Dalam tahapan persiapan, Undang Undang tersebut mengamanatkan Panwaslu serta Panwascam untuk mengawasi perekrutan PPK dan PPS,” imbuhnya.

Kepala Sekretariat Bawaslu Banten, Didih Hadiatna menjelaskan, pelaksanaan tes tulis bagi calon pengawas tingkat kecamatan secara serentak dilaksanakan di empat kabupaten kota yang menggelar pemilukada, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten tangerang, Kota serang, dan Kabupaten Lebak.

“Ya hari ini serentak (tes tulis). Ini untuk mengisi tenaga pengawas di kecamatan pada pelaksanaan pemilukada di empat wilayah di Banten. Selanjutnya akan dilakukan tahapan tes wawancara untuk menentukan tiga besar yang nantinya akan menjadi komisioner panwas di kecamatan,” imbuhnya.(abe)