oleh

Panwaslu Tangsel Gelar Focus Group Discussion

Serpong – Jelang pesta demokrasi tahun 2019 digelar.  Dimana Pemilu serentak akan diselenggarakan secara bersamaan, mulai dari pemilihan anggota  DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, DPD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan pengawasan pelaksanan Pemilu berjalan optimal. Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tangerang Selatan ( Tangsel)  melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion  (FGD) dengan tema ”Peran Media Terhadap Pengawasan Pemilu Tahun 2019” yang berlangsung di BUPE Resto Serpong, Tangsel pada Senin, 4 Desember 2017.

Kegiatan diskusi bersama awak media dari berbagai media massa di Tangsel dan Panwascam se-Tangsel ini merupakan salah satu sosialisai kegiatan Bawaslu menjelang tahapan Pemilu tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Nuryati Solapari, SH.,MH selaku Ketua Bawaslu Provinsi Banten menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan kegiatan peningkatan kapasitas peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dari tingkatan Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kota/Kabupaten.  Dimana menurutnya bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan mengingat pentingnya pemahaman terhadap aturan dan cara-cara kerja pengawasan, juga adanya aturan baru yang harus dipahami dan diketahui oleh anggota panwas.

“Saya berharap diskusi dengan wartawan ini, bisa menjadi kepanjangtanganan dari Bawaslu tentang peran pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran dan sistem administrasi mengenai Pemilu,” terangnya.

Sementara itu, M. Istijar Nusantara S.Sos., M.Ikom selaku General Manager Koran Tangsel Pos menekankan peran media itu harus berimbang atau cover both side dalam setiap berita atau informasi yang disampaikan. Media sebagai fungsi kontrol harus memberikan infomasi secara benar dan akurat.

”Pemberitaan atau informasi, jangan hanya untuk kepentingan dari pemilik media saja,” ujar Istijar yang menekankan peran penting media massa dalam mengiring opini sangat kuat untuk mengambil suatu keputusan.

Hal tersebut diamini oleh Aas Satibi Ketua Panwaslu Kota Tangerang Selatan. “Media massa diharapkan dapat bersinergi dengan penyelenggara dan mengambil peran sebagai media informasi publik terkait penyelenggaraan Pemilu yang akurat dan berimbang,” tutup Satibi.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan Panwaslu Tangsel ini, diikuti wartawan dari dari berbagai media cetak, elektronik, TV dan radio serta Panwascam se-Tangsel.(sbr)