oleh

Partisipasi Telkomsel di Hari Jadi Kabupaten Lebak ke-189 Tahun

Lebak – Merayakan hari jadi Kabupaten Lebak ke-189 tahun yang jatuh pada tanggal 2 Desember 2017, Telkomsel sebagai operator telekomunikasi dengan komunitas pelanggan terbesar di Indonesia berkomitmen untuk bersama dengan Pemerintah Kabupaten Lebak mengawal pengembangkan potensi kearifan lokal dari masyarakat Lebak dengan mendorong pemanfaatan teknologi dan layanan telekomunikasi yang dapat meningkatkan gaya hidup digital masyarakat Lebak.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan mewakili Manajemen Telkomsel wilayah operasional Area Jabotabek Jabar, kami mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Lebak yang ke-189 tahun. Kami berharap komitmen serta sinergi bersama yang telah terbangun selama ini, baik melalui Pemkab, Muspida serta elemen masyarakat Lebak dapat terus terbangun dan semakin berkembang, terutama dalam meningkatkan adopsi pemanfaatan layanan telekomunikasi berbasis gaya hidup digital hingga wilayah pelosok.

Dalam kesempatan puncak perayaan acara hari jadi Kabupaten Lebak yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Lebak, Telkomsel melalui wilayah operasional Area Jabotabek Jabar bersama Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meluncurkan penggunaan aplikasi publik berbasis Smart City yang dinamakan SILAMAT (Sistem Informasi Kelahiran dan Kematian) yang ditandai dengan penandatangan kerja sama antara Telkomsel dengan Pemkab Lebak. Aplikasi publik berfungsi sebagai sistem pendaftaran adminitrasi data kelahiran dan kematian berbasis aplikasi online yang dibangun oleh Telkomsel dan nantinya sumber informasi yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh jajaran Pemkab Lebak untuk mengefisienkan jalur birokrasi pendataan laporan kelahiran dan kematian warga Kabupaten  Lebak.

Aplikasi SILAMAT ini nantinya akan terhubung secara langsung dengan pusat data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebak. Melalui pemanfaatan layanan aplikasi ini, masyarakat Kabupaten Lebak akan diberi kemudahan untuk mendaftarkan informasi kelahiran dan kematian keluarga dan kerabat secara online dan mobile. Setelah mendaftar online melalui SILAMAT, masyarakat cukup membawa bukti hasil pendaftaran online dan kelengkapan berkas administrasi asli ke Dinas Duckcapil Kabupaten Lebak untuk verifikasi lanjutan. Kini, aplikasi SILAMAT sudah dapat diunduh secara gratis melalui smartphone dengan OS Android di Google PlayStore.

Ririn lebih lanjut menjelaskan, konsistensi Telkomsel dalam mendorong percepatan adopsi teknologi telekomunikasi berbasis digital di Kabupaten Lebak ini merupakan wujud nyata dari sejumlah audiensi dan sinergi bersama Pemkab Lebak kurun beberapa waktu terakhir, yang mana salah satu tujuannya adalah menciptakan ekosistem gaya hidup digital yang ramah dan sejalan dengan nilai kearfian lokal masyarakat Kabupaten Lebak.

Salah satu sinergi yang akan diperkuat adalah dengan menghadirkan layanan Telkomsel berbasis solusi layanan korporasi guna memudahkan koordinasi dan komunikasi operasional jajaran Pemkab Lebak, dengan penyediaan fitur paket Team Plan dilengkapi layanan bebas nelpon dan sms antar pegawai Pemkab Lebak serta paket kuota data khusus dengan harga terjangkau.