oleh

Pesantren Kilat Baitul Hikmah Ajarkan Islam Melalui Dongeng

Serpong – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Hikmah, Nusa Loka BSD City mengadakan kegiatan Pesanten Kilat (Sanlat) Anak Ramadhan 1438 H, Minggu (4/6). Kegiatan ini diikuti oleh 107 anak yang berasal dari kawasan Nusa Loka, BSD City, Serpong, Melati Mas dan Tangerang. Adapun tema yang diusung dalam Sanlat Anak kali ini yakni “Perbanyak Amal di Bulan Ramadhan”.

Sari Marlina Aryanti, Ketua Panitia Sanlat Anak mengatakan kegiatan Sanlat memang rutin diadakan setiap tahun pada bulan Ramadhan. Akan tetapi yang membedakan pada Sanlat Anak tahun ini yakni bekerjasama dengan Kampung Dongeng yang menghadirkan Kak Awam Prakoso untuk menyampaikan materi.

“Tahun ini kita menggandeng Kampung Dongeng untuk pemberian materi kepada anak peserta sanlat. Dengan dongeng diharapkan kegiatan pemberian materi menjadi lebih menyenangkan dan apa yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh anak,” jelasnya.

Materi yang diberikan melalui dongeng cukup banyak mulai dari Pembelajaran Agama Islam, Rukun Islam, Akhlak, Cerita Nabi dan Sahabat, Kisah Islami,dan Cinta Al-Quran. Melalui metode ini terbukti anak-anak peserta Sanlat Anak semangat mengikuti beragam kegiatan hingga bedug Magrib tiba.

Sementara, Maya Ali, Ketua Muslimah Masjid Baitul Hikmah menambahkan bahwa pemilihan dongeng untuk Sanlat Anak kali ini juga memberitahukan kepada anak bahwa pendongeng tidak hanya identik dengna usia tua. Pada kegiatan ini menghadirkan Kak Awam Prakoso sebagai pendongeng muda dan juga anak Kak Awam yang baru menginjak bangku SMP.

“Dengan mendongeng akan mengenalkan ke anak-anak bahwa tidak hanya orang tua yang bisa mendongeng, anak kecil pun bisa juga mendongeng. Selain itu materi dalam dongeng juga bisa mengusung tema Islam. Alhamdulillah dengan metode ini anak-anak tidak ada yang minta pulang dan tidak ada yang tumbang,” pungkasnya. (adh)