Peserta SAIK 2018 Ikuti Workshop dan Seminar

4 Desember 2018
35 Views

Tangerang –  Ribuan peserta SAIK 2018 yang datang dari berbagai penjuru negeri mulai memadati Ballroom Hotel Novotel Tangerang sejak pagi hari. Usai Dirjen IKP Niken Widiastuti dan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah memberikan sambutan, peserta SAIK disuguhi dengan workshop dan seminar.

Workshop dan seminar pada SAIK 2018 ini banyak menghadirkan pakar yang ahli dibidangnya untuk memberikan ilmu dan informasi terbaru yang sangat bermanfaat bagi insan humas.

Salah satu pemateri seminar, Nukman Luthfie selaku praktisi dibidang media sosial membawakan materi tentang “Managing Your Social Media Effectively”.

Dalam seminarnya Nukman menjelaskan di era globalisasi dan digital yang kian pesat tanggapan dari dunia maya atau para netizen sangatlah berpengaruh terhadap konten-konten yang kita bawakan.

“Makanya kita harus bisa memilah komentar yang masuk. Kalau ada yang komen negatif harus ditangkis dengan positif,” ujar Nukman, Senin (3/11).

Terkait akun sosial pemerintahan yang cenderung kaku dan formal, Nukman memberikan solusi agar akun pemerintahan menyelipkan sedikit hiburan agar masyarakat dapat tertarik.

“Hiburan ini maksudnya seperti games atau bisa QnA yang akhirnya menimbulkan interaksi. Nanti sebagai awardnya berikan hadiah. Ini adalah salah satu cara kita untuk memberdayakan followers,” jelasnya.

Peserta seminar yang berasal dari Humas Pemprov Sumatera Utara, Vina mengatakan, bidang kehumasan sangat bergerak begitu dinamis mengikuti era digitalisasi sehingga diperlukan praktisi humas yang cepat tanggap akan perubahan tersebut.

“Acara seperti ini positif sekali apalagi untuk kita yang bekerja dibidang kehumasan. Untuk itu kita perlu sekali asupan baru, tips, dan strategi terkait kehumasan, saya tadi paling tertarik dengan pengelolaan sosial media, kena sekali dengan kebutuhan kita yang sedang aktif dan concern dalam pengelolaan sosial media,” tutur Vina.

SAIK 2018 menghadirkan pemateri yang ahli dibidangnya antara lain Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ricky Joseph Pesik selaku Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Nukman Luthfie selaku Praktisi Media Sosial, Praktisi Media Prita Laura, Adita Irawati selaku Staf Khusus Presiden RI, Wisnu Nugroho selaku Pemimpin Redaksi Kompas.com, dan terakhir Difablepreneur of Thisable Enterprise Angkie Yudistia. (abe)

Leave A Comment