oleh

Pilkada Serentak 2018, Pemkot Tangerang Kucurkan Rp 9,4 Miliar Melalui Panwaslu

Tangerang –  Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp 9,4 milyar sebagai biaya operasional pengawasan Pemilukada serentak tahun 2018.

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama dengan ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim, di ruang rapat Walikota, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (23/10).

Dengan ditandatanganinya NPHD tersebut, diharapkan pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan agenda yang telah terencana.

“Semoga pelaksanaan Pemilukada di Kota Tangerang berjalan dengan kondusif, aman dan lancar,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismasyah yang disebut-sebut bakal maju kembali sebagai petahana.

Arief berharap agar panwaslu bisa lebih pro-aktif dengan melakukan langkah-langkah preventif, sosialisasi ke masyarakat, karena Panwas mempunyai jaringan sampai ketingkat kecamatan dan kelurahan. “Kami menginginkan masyarakat Kota Tangerang lebih paham dan cerdas dalam berdemokrasi,” imbuhnya.

Arief mengingatkan agar Panwaslu memanfaatkan betul secara maksimal dana hibah yang diberikan serta dapat mempertanggungjawabkan dengan baik anggaran yang diberikan dan administrasi keuangan secara cepat dan tepat.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim menyampaikan , bahwa besaran dana hibah yang mencapai Rp 9,4 Milyar tersebut, nantinya akan digunakan untuk menunjang operasional panwas. “Anggaran tersebut sudah sesuai dengan yang kita rencanakan, tidak kuranglah,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, anggaran dimaksud dialokasikan untuk kegiatan internal, seperti pengawasan, bintek, sosialisasi dan ada juga kegiatan yang sifatnya peningkatan partisipasi masyarakat.

Sebelumnya, Pemkot Tangerang juga telah menandatangani dana hibah kepada KPU sebesar Rp 63 miliar. Dana itu, menurut Ketua KPUD Kota Tangerang, Sanusi Pane, digunakan untuk membiayai tahapan-tahapan Pemilu yang akan berlangsung pada 2018 mendatang. (abe)