oleh

Posyandu Fair Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak

Pondok Aren – Untuk ketiga kalinya, Hero Supermarket menyelenggarakan kegiatan Posyandu Fair sebagai bagian dari program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero).

Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas kesehatan Ibu dan anak yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tahun ini Posyandu Fair 2017 diselenggarakan di Gedung Olahraga Kecamatan Pondok Aren, Sabtu (14/10).

Tony Mampuk, GM Corporate Affairs Hero Supermarket mengatakan bahwa di tahun ketiga ini, Posyandu Fair merupakan puncak dari program Komitmen Anak dan Ibu Sehat dari Hero Supermarket yang telah berjalan selama tiga tahun.

“Ini salah satu wujud komitmen Hero terhadap dukungan perkembangan Posyandu di Indonesia. Posyandu merupakan salah satu pusat kegiatan masyarakat yang telah banyak berperan dalam kesehatan ibu dan anak,” paparnya.

Pihaknya mendengar cukup banyak perwakilan warga yang mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk memberikan penyuluhan kesehatan pada ibu dan anak di sekitar lingkunga masing-masing.

“Oleh sebab itu, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Kader Posyandu, kami mengadakan pemilihan duta Posyandu dan Posyandu terbaik,” imbuh Tony.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk perusahaan lain agar bisa lebih peduli dengan lingkungan dan kesehatan ibu dan anak.

Sebelum dilaksanakannya Posyandu Fair, rangkaian proses penilaian Posyandu sudah dilakukan sejak bulan Maret hingga September 2017 yang melibatkan pihak Puskesmas, Kelurahan, Ketua Kader PKK Tangsel dan tim perwakilan Hero Supermarket.

Proses penilaian dilakukan dengan metode
observasi, tes tertulis, dan wawancara. Di Tangsel, terdapat 55 Posyandu dan lebih dari 250 kader dari 3 kelurahan yang telah menjalani penilaian yang menitikberatkan pada fasilitas Posyandu, kompetensi kader, administrasi Posyandu, serta pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing Posyandu.

Untuk Posyandu Fair 2017 Wilayah Tangsel Juara 1 nya adalah Posyandu Mawar 2, Pondok Betung, Juara 2 Posyandu Matahari 1, Pondok Betung, Juara 3 Posyandu Seroja, Parigi Lama, Harapan 1 Posyandu Seroja, Pondok Betung, Harapan 2 Posyandu Cempaka 2, Pondok Jaya, Harapan 3 Posyandu Anggrek, Parigi Lama.

Untuk Kader Terbaik dimenangkan oleh Putri Aprilia Anggreini dari Posyandu Soka Merah, Parigi Lama. Perlu diketahui, implementasi program KASIH ini meliputi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan pembekalan kepada kader melalui penyuluhan rutin termasuk pelatihan Kewirausahaan kepada Posyandu Binaan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas para Kader agar dapat secara mandiri mengelola Posyandu. (adh)