oleh

Prodi Akutansi UNPAM Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan dan Strategi Pemasaran

Tangerangcorner.com – Dosen dan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Minggu 1 Desember 2019.

Ada dua tema yang diusung oleh Prodi Akutansi UNPAM pada kegiatan ini. Pertama yaitu tema “Upaya Perbaikan Manajemen Usaha dan Tata Kelola Keuangan Dalam Rangka Meningkatkan Laba Usaha UMKM Kampung Makarya” dan kedua “Strategi Pemasaran Pengrajin Batik Dalam Pengembangan SDM Berbasis Digital Kampung Makarya”.

Materi tema pertama diberikan oleh Adi Supriadi, S. E, M.Ak. seorang Dosen Akutansi dan Praktisi Pajak, dalam paparannya ia menjelaskan mengenai laporan keuangan sederhana untuk UMKM. Sedangkan tema kedua diberikan oleh Pandu Adiguna, S.E. M.M. Dosen Akuntansi yang juga sebagai Branch Sales Manager PT Bank Bukopin yabg menjelaskan hal pokok tentang cara memasarkan produk dengan modal terbatas agar tetap mendapatkan margin keuntungan yang maksimal melalui teknik digital marketing.

Nugroho Widhi Pratomo, S.S. M.Pd, Ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (PKM).

“Kami selaku Dosen Universitas Pamulang sudah melaksanakan pendidikan dan penelitian dalam kegiatan belajar mengajar di kampus. Namun pengabdian masyarakat baru kali ini kami laksanakan di kampung makarya Larangan Selatan,” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa wilayah Larangan Selatan menjadi lokasi kegiatan ketiga Tri Dharma Perguran Tinggi ketiga ini karena mempunyai kelompok UKM yang sangat baik.

“Kami dari tim dosen Akuntansi UNPAM ingin mensosialisasikan pengelolaan keuangan beserta strategi pemasarannya. Harapannya agar kegiatan ini dapat berkesinambungan dan tim dosen siap menjadi pendamping mitra UMKM dalam hal pengelolaan keuangan maupun pemasaran,” tambah Widhi.

Sementara Lurah Larangan Selatan, Alfredo Indratmo, S.H. menyambut baik dan memberikan sinyal yang positif akan kegiatan ini. Bahwa dengan adanya sosialisasi UMKM di wilayah Larangan Selatan ini dapat meningkatkan perolehan laba para pelaku usaha khususnya UMKM.

“Kelurahan Larangan Selatan telah memperoleh penghargaan sebagai kelurahan terbaik tingkat nasional, hal ini bisa terwujud berkat kesadaran dan kekompakan seluruh warga dan pembangunan yang menyeluruh di wilayah Kelurahan Larangan Selatan. Hal ini bisa terlihat dari lingkungannya yang asri dengan banyak pepohonan disepanjang jalan Larangan selatan,” jelasnya.

Penyampaian materi berlangsung sukses dan peserta UMKM batik, percetakan, kue, dan lainnya mendapat ilmu untuk pengelolaan UMKM kedepannya. Kegiatan ini ditutup dengan doa dan dilanjutkan sesi foto bersama dosen, mahasiswa dan warga kelompok UMKM Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed