oleh

Raih Akreditasi Institusi A, UMN Asuh 3 Perguruan Tinggi Swasta

Gading Serpong – Keberhasilan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih Akreditasi Institusi A sebelum usia yang ke-10 membuat Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mempercayakan UMN untuk mengasuh 3 perguruan tinggi swasta yang memiliki Akreditasi Institusi C. Tiga perguruan tinggi swasta tersebut yakni Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Universitas Buana Perjuangan (UBP), dan Universitas Buddhi Dharma (UBD).

Program ini merupakan hibah kerjasama antara Kemenristekdikti dan UMN dalam periode 8 Mei – 10 November 2017. Penandatanganan MoU Program Asuh Menuju Prodi Unggul dilaksanakan di Ruang Executive, Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Rabu 14/6 yang dihadiri oleh Dr. Ninok Leksono, M.A, Rektor UMN, Leenawaty Limantara, Ph.D, Rektor UPJ, dan Prof. Dr. KPH. HE. Harimurti Kridalaksana, Rektor UBD.

Program ini merupakan gagasan yang dilontarkan dari Kemenristekdikti guna mempercepat perguruan tinggi yang masih berakreditasi institusi C agar meningkatkan standar mutu. Dengan melibatkan kampus yang sudah memiliki Akreditasi Institusi A diharapkan dapat menularkan budaya mutu ini sehingga bisa menjadi lebih cepat.

Dr. Ninok Leksono, Rekto UMN mengatakan progam ini bertujuan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi dan sistem penjaminan mutu di perguruan masing-masing. “Tujuan akhir bahwa kualitas di 3 kampus yang di asuh UMN akan memiliki kualitas pendidikan yang meningkat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Program ini juga akan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu Studi Banding perguruan tinggi asuhan ke UMN yang dilanjutkan dengan lokakarya mengenai penyusunan dokumen, monitoring, dan evaluasi kegiatan perkuliah di tiap-tiap universitas serta penyusunan audit internal. Kemudian tiap kampus mendapat kesempatan hingga akhir tahun untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari ke dalam masing-masing universitas.

Sementara, Leenawaty Limantara, Ph.D, Rektor UPJ mengatakan bahwa UPJ akan menjadi murid yang baik dalam program ini agar kelak UPJ bisa meraih Akreditasi Institusi A. ia pun menambahkan bahwa sudah seharusnya program ini berjalan dengan kerjasama antarkampus dengan bersinergi dan bukan berkompetisi. “Kini masanya antarkampus bersinergi agar menghasilkan sesuatu yang besar dan bukan berkompetisi karena saya yakin tiap kampus memiliki warna dan keunggulan masing-masing.”

Kemudian, Prof. Dr. KPH. HE. Harimurti Kridalaksana, Rektor UBD menargetkan agar UBD dapat meraih Akreditasi Institusi A dalam waktu dekat. Maka  progam ini akan memberikan dampak yang baik bagi UMN dan universitas asuh. “Kita menargetkan untuk secepatnya bisa mendapatkan Akreditasi Institusi A,” pungkasnya.