oleh

Ratusan Siswa SPJ Teropong Gerhana Bulan

Pondok Aren – Fenomena gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon yang terjadi pada (31/1) semalam berlangsung mulai 18.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kejadian langka ini diabadikan oleh ratusan siswa Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) di rooftop Gedung School Science Center (SSC) melalui peneropongan dan Sholat Gerhana Bulan.

Lily Endang Wulan Sari, Kepala School Science Center (SSC) menjelaskan bahwa SSC sebagai pusat pembelajaran sains di SPJ merasa perlu menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa siswi serta guru SPJ.

“Diawali dengan pemaparan materi tentang gerhana bulan total serta pemutaran video, kemudian kegiatan peneropongan dilakukan di rooftop gedung SSC. Selain itu dilaksanakan juga sholat gerhana bulan,” jelasnya.

Sekitar 160 siswa yang berasal dari TK, SD, SMP, dan SMA Sekolah Pembangunan Jaya pun turut meramaikan kegiatan langka ini. Selain itu, guru dan orangtua serta Principal Sekolah Pembangunan Jaya, Indira Sunito beserta jajaran juga ikut mendampingi.

Lily juga menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk menambah wawasan siswa tentang fenomena alam langka yang terjadi setiap 152 tahun sekali dan juga pembinaan kepada siswa akan kebesaran Tuhan Pencipta Alam semesta.

“Ada 3 telescope yang digunakan secara bergantian. Saya harap acara ini juga untuk merangsang rasa ingin tau siswa akan bidang astronomi yang tentunya terkait dengan materi pelajaran juga dengan kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.