Rayakan HUT PMI ke-74, Kota Tangsel Gelar Donor Darah

Tangerangcorner.com – Secara serentak 8 Kab/ Kota se Provinsi Banten saat HUT PMI  74  diselenggarakan pada Selasa 10 September 2019 dengan tema “Banten Donor Darah Bersama.

“Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sendiri memasang target 250 kantong darah yang dalam pelaksanaannya berpusat di area Puspemkot Tangsel dan Living World  Kecamatan Serpong Utara,” ungkap Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Tangsel, Suhara Manulang, di Puspemkot Tangsel, Selasa (10/9/2019).

Disini, selain para ASN, puluhan komunitas maupun Ormas juga ikut terlibat menjadi pendonor darah, Laskar Anggrek, Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, GANN Tangsel, dan lainnya. “Itu hanya sebagai satu trigger saja,” ujarnya.

Kemudian ia terangkan, untuk sementara ketersediaan per harinya di PMI Tangsel berjumlah 60-70 kantong, tapi terlihat meningkat menjadi 100 kantong per hari atau perbulannya 3 ribu kantong.

Pendonor aktif baik yang datang ke PMI maupun acara seperti ini, untuk mobil unit yang harus siap merespon berbagai keinginan masyarakat untuk donor darah tercover 80%, sisanya 20% donor darahnya itu pengganti.

“Jadi kalau kita kekurangan darah, maka memakai dari keluarganya, dan diharapkan 100%, tidak perlu ada darah pengganti,” katanya. (Geng)

Leave A Comment