oleh

Sambut PIF 2017, Puspiptek Adakan Writhington

Setu – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) dan Bitread Indie Digital Publishing bekerjasama mengadakan kegiatan Writhington Pertama di Indonesia yang mengusung tema Inovasi Anak Negeri. Writhington berlangsung di Puspiptek Jum’at-Minggu (25-27/8) yang diikuti oleh 10 peserta yang terpilih dari 200 lebih peserta yang mendaftar.

Dr. Ir. Sri Setiawati, M.A, Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (Puspiptek) mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan karya inovasi anak bangsa Indonesia yang ada di Puspiptek kepada masyarakat melalui tulisan yang populer.

“Mungkin kalau tulisan karya ilmiah tentang ilmu pengetahuan di Puspiptek juga banyak, akan tetapi tulisannya akan sangat rumit di pahami masyarakat biasa. Karena yang menulis yaitu mereka para peneliti. Melalui Writhington ini kita mendapatkan para penulis handal yang akan menyampaikan apapun yang ada di Puspiptek ini agar masyarakat mengetahuinya,” ungkapnya.

Selama tiga hari para 10 penulis ini akan ditantang atau diberikan challange agar bisa menyajikan tulisan yang baik dari Puspiptek yang hasilnya akan diterbitkan dalam karya tulis bersama dalam bentuk buku dan juga dalam masing-masing blog atau media lain dari para individu peserta.

Adapun rangkaian kegiatan Writhington ini penulis akan diberikan kesempatan untuk mengunjungi tempat di Puspiptek seperti Reaktor Nuklir di Badan Tenaga Nuklir (BATAN), Technology Business Incubation Center (TBIC), dan Iradiator Gamma. Kemudian penulis mengikuti workshop kepenulisan dan dilanjutkan dengan evaluasi.

“Kegiatan menganut prinsip mengenal, bangga, dan menceritakan agar bisa mengajak masyarakat mengenal dan mencari tahu lebih jauh mengenai Puspiptek,” tambah Sri Setiawati.

Sementara, Anita Hairunnisa, Founder Bitread mengatakan mereka yang ikut di Writhington ini adala yang terbaik dari yang terbaik dengan latar belakang beragam mulai dari blogger, aktivits lingkungan, penulis lepas, hingga guru.

“Peserta yang terpilih telah melalui seleksi yang ketat dan mereka yang terpilih memiliki minat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Penjurian dilakukan oleh internal Bitread dan konsep buku yang akan diterbitkan dari hasil Writhington ini disupervisi langsung oleh Puspiptek,” pungkasnya. (adh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed