oleh

Sindikat Pemesanan Order Fiktif Lewat Online Diringkus

Tangerang Selatan – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) bersama team Vipers Kepolisian Resort Tangerang Selatan (Polres Tangsel) berdasarkan informasi masyarakat berhasil melakukan tangkap tangan kelompok pemesanan order fiktif terkait Go Jek maupun Go Car.

Kelompok yang berjumlah 7 orang pria dan 1 perempuan masing-masing initial namanya antara lain, B aliaa BS, AAFR, DA, FPYB, I, MA, TK dan SH, ditangkap di sebuah warung Jalan Yapen Ciater Serpong, Tangsel pada tanggal 15 Juli 2019.

“Delapan orang tersangka ini modusnya sebagai driver maupun penumpang fiktif tapi terdaftar,” ungkap Kapolres Tangsel Akbp. Ferdy Irawan didampingi Kasatreskrim Akp. Wibisono, Kanit PPA Iptu. Sumiran, dan Kasubag Humas Iptu. Sugiyono, saat Pers Rilis Ungkap Kasus Perkara memanipulasi data seolah-olah otentik dan atau Penipuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) dan atau Pasal 33 UU RI No 19 Tahun 2016 atau Perubahan UU RI No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 378 KUHP, bertempat di Lobbi Polres Tangsel, Senin (22/7/2019) sore.

Mereka diduga melakukan tindak pidana memanipulasi data seolah-olah otentik atau melakukan pemesanan orderan fiktif aplikasi Go Car dan Go Jek dengan menggunakan aplikasi FAKE GPS.

“Masing-masing tersangka berperan, mulai Hp yang di seting, kemudian ada yang menyiapkan GPS/rute seolah-olah sudah berpindah tempat, ada juga peran yang menampung (red, mungkin menerima cash back) dari poin yang terkumpul, dan sebagainya. Berdasar pengakuan para tersangka, perhari berhasil mengumpulkan lebih kurang 3 juta rupiah yang dibagi rata, imbuh Ferdy.

Secara data yang diberikan oleh pihak Go Jek atau Go Car kepada penyidik polisi, disebut jumlah kerugian sekira 500 juta selama 3 bulan.

Barang bukti yang diamankan pun antara lain, 28 Hp android macam-macam merek, sebuah Laptop, seperangkat Charger, 6 buah ATM BCA, 1 kartu Debit Bank Cimb Niaga. (Geng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed