oleh

Suka Cita Warga PPI Saat Halalbihalal Berlebaran di Taman Potret

Tangerangcorner.com – dalam kalender Islam, Syawal adalah salah satu bulan yang indah dirasakan, dengan tibanya Hari Raya Idul Fitri, dimana umat Islam telah berpuasa di bulan Ramadan.

Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah, umat Islam di Indonesia merayakan Lebaran. Hal yang rutin terjaga hingga kini, yakni mudik, takbir keliling, dan halalbihalal telah menjadi kegiatan yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Bertepatan pada Senin, 2 Mei 2022. Warga Perumahan PPI di Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor merayakan Lebaran dengan menggelar halalbihalal antarsesama warga di lingkungan sebelum berangkat mengunjungi orang tua, saudara atau sanak keluarga.

Hal tersebut di atas bisa terlihat di lingkungan RT 07 RW 12 PPI Bogor dengan menggelar halalbihalal di pos utama Taman Potret. Warga telihat berkumpul setelah melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Ar Rahmah.

Dipimpin oleh Haji Soleh Sarmidi, Haji Munawar, Ustad Firman dan Ketua RT Yatin Saharjo. Warga RT 07 berbaur dan membentuk ‘letter U’ untuk melakukan tradisi saling bermaafkan dan bersuka cita menyambut Lebaran dengan saling bersalaman untuk bermaafan.

“Lebaran, adalah waktu istimewa untuk dapat bersilaturahmi, saling memaafkan, dan saling mendoakan. Hari-hari yang membahagiakan karena merayakan Lebaran bersama keluarga, teman, saudara, dan kerabat,” ujar Yatin Saharjo selaku Ketua RT 07 dalam sambutannya.

Adanya halalbihalal ini dapat menciptakan keharmonisan dan kerukunan antarsesama, seperti meluruskan benang yang kusut antarsesama, menghangatkan hubungan yang tadinya beku sehingga cair kembali.

“Allhamdullihah, halalbihalal berlebaran di RT 07 telah terjaga hingga kini.Kalo dihitung sejak tinggal di PPI, tradisi halalbihalal ini sudah terjaga puluhan tahun, saat kami tergabung dalam RT 06 sebelum mekar menjadi RT 07,” kata Haji Munawar.

“Semangat bulan Syawal sambil saling berjabat tangan dan bersilaturahmi  diharapkan akan tumbuh rasa saling pengertian untuk kerukunan dalam masyarakat,” pungkas Ketua RT 07. (Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed