oleh

Tekankan Pentingnya Peran Masyarakat Melalui GERMAS

Pondok Aren – Berkarya di tengah kehidupan bermasyarakat dengan pola hidup sehat merupakan salah satu cara mengisi pembangunan. Hal tersebut diungkap Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Kota Tangerang Selatan, Siti Chodijah, di Pondok Aren, Minggu (27/8/2017) dalam acara Gebyar Kemerdekaan RI ke 72 yang digagas Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kecamatan Pondok Aren bekerjasama dengan Forum Kota Sehat (FKS).

Acara yang bertempat di Lapangan Kecamatan Pondok Aren tersebut dihadiri ratusan masyarakat dominasi ibu-ibu dengan kostum olahraga. Kegiatan tersebut diisi antara lain dengan beragai kegiatan seperti Parade Senam, Pasar Rakyat, Expo Produk Unggulan, Pelayanan Kesehatan, Coaching Bisnis UKM, Coaching Panahan, serta Pembagian hadiah dan Door Prizee.

Dalam penyampaiannya kepada awak media, Siti Chodijah (Sico), bahwa acara utama Parade Senam dengan mengundang kelompok yang ada di 11 kelurahan se Kecamatan Pondok Aren, juga telah dilakukan Launching KAMPUNG GERMAS berikut Penanggung Jawab.

Kegiatan ini menurutnya, ingin mensosialisasikan program PKS yang juga membantu program pemerintah, yakni GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

“Karena kita membantu sosialisasi, jadi kita mengajak Forum Kota Sehat (FKS), Kepala-Kepala Puskesmas yang ada se Kecamatan Pondok Aren,” tuturnya.

Dijelaskanya bahwa kegiatan dari Kampung Germas antara lain dengan aktifitas fisik masyarakat dalam olahraga, pemeriksaan kesehatan, muatan lokal Dolanan Anak, konsumsi buah dan sayur termasuk minuman rempah-rempah. Adapun tugas para Penanggung Jawab Kampung Germas adalah memantau RT/RW yang punya kelompok-kelompok senam.

Saat disinggung bagaimana pengawasan GERMAS dalam hal maraknya kejahatan terhadap anak.

Sico menyatakan bahwa dengan GERMAS kita akan bangun keguyuban antar keluarga dan bisa meminimalisir hal itu. Kami dari FKS memang ada di bidang itu, apalagi Sekjen FKS sendiri dari Sekretaris Dinkes. Selain itukita juga bekerjasama dengan P2PPA, pemerintah, DPMP3AKB, dan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak.

“Jadi bagaimana kita mengisi kemerdekaan dengan berkarya di tengah-tengah masyarakat, bersatu padu untuk saling mengingatkan Pola Hidup Sehat dalam kampanye HUT RI, Keluarga Sehat, dan Keluarga Sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPC PKS Pondok Aren Ahmad Sugiri berharap kegiatan tersebut tidak hanya sampai disini dan semoga kedepannya dapat bersenergi dengan masyarakat sehingga lebih semangat dan lebih baik lagi untuk mewujudkan hidup sehat karena sebagian besar olahraga yang diminati masyarakat Tangsel adalah senam. “Semoga masyarakat Pondok Aren semakin maju dan baik lagi dalam meningkatkan hidup sehat,” tutupnya.

Lomba stand PKS yang diikuti 11 kelurahan se Kecamatan Pondok Aren dan yang menjadi pemenangnya dari Kelurahan Jurang Mangu Timur. Expo Bazar Pesta Rakyat diramaikan pula oleh “Bang Pletok” dari Shang hyang Beksi. Sementara Coaching Panahan tadi juga diikuti Staf Ahli Pemkot Tangsel, Dedi Budhiawan. (Geng/yok)