oleh

Terima Penghargaan Lifetime Achievement Award pada HUT ke-50 Korpri, Menteri Basuki Punya Pesan Khusus pada ASN MIlenial

Tangerangcorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima 2 penghargaan dalam ajang Anugerah Korpri Award 2021, pada acara Puncak Peringatan HUT Ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2021 di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Senin  (29/11/2021).

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Kategori Lifetime Achievement dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah pada Kategori Kepengurusan Korpri Tingkat Pusat dan Daerah. Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Dalam sambutannya secara virtual, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar seluruh anggota Korpri harus terus bertransformasi dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam menjalankan roda pemerintahan, baik dikarenakan musibah Pandemi Covid-19 maupun perkembangan teknologi, termasuk juga semakin tingginya ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Menghadapi semua tantangan ini, Korpri harus terus bertransformasi, memperkokoh sikap melayani menjadi abdi masyarakat dan menjadi abdi negara, terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang efisien, terus beradapsi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberi solusi yang tepat dan jitu sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Korpri atas Dharma Bhakti, pengabdian, dan kerja kerasnya dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan. “Anggota Korpri yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air telah menjadi simpul persatuan, menjadi simpul kesatuan bangsa serta mewujudkan kehadiran negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh pelosok negeri,” tutur Presiden.

Usai menerima penghargaan, Menteri Basuki menyampaikan bahwa kiprah Korpri selama ini telah mempersatukan pegawai negeri, sehingga merasa bangga sebagai ASN untuk melayani masyarakat. Menteri Basuki berpesan khususnya kepada ASN milenial agar menekuni profesinya sebagai abdi negara dengan terus bekerja keras dan memperbanyak silaturahmi, selanjutnya serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Silaturahim bisa melalui banyak cara, misalnya menulis dan mengikuti kegiatan-kegiatan Korpri seperti olahraga dan main band. Bagaimana pimpinan mau menunjuk Anda kalau tidak kenal, untuk itu memperkenalkan diri tidak perlu kasak-kusuk, tetapi tunjukkan kebisaan kita melalui silaturahim itu,” kata Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ASN juga harus memiliki berakhlak, yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Khusus untuk Insan PUPR ditambahkan harus kuat, berani dan berjiwa seni.

“Kuat karena kompeten, berani karena berintegritas, serta berjiwa seni karena orang bekerja harus berimprovisasi dan berinovasi. Jadi orang kerja harus punya value, bukan semata-mata diukur dari salary/gaji,” tutur Menteri Basuki.

Penghargaan Korpri Award 2021 Kategori Lifetime Achievement dianugerahkan salah satunya kepada Menteri Basuki atas dedikasinya selama lebih dari 40 tahun menjadi ASN di Kementerian PUPR yang dinilai telah memberikan inovasi dan perubahan yang dapat menginspirasi bagi anggota Korpri. Penghargaan Korpri Award Kategori Kepengurusan Korpri Tingkat Pusat  juga diberikan atas peran aktif dan inovasi pengurus Korpri Kementerian PUPR dalam memajukan organisasi Korpri. (Rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed