oleh

Tim Gowes Pesona Nusantara 2017 Tiba di Tangsel

Serpong – Tim Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 sebanyak 15 orang setelah melewati Rangkas Bitung Lebak Banten pada pagi tadi sekitar pukul 06.30 Wib tiba di Etape Anggrek ITC BSD Serpong Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (6/8/2017).

Tim GPN setibanya di Tangsel disambut  Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota,Benyamin Davnie, dan Sekda Tangsel, Muhammad, serta jajarannya dan  Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto.

Dalam penyambutannya Tim GPN dilakukan senam sehat bersama warga Tangsel yang dipimpin Deputi Pemberdayaan Olahraga Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), Raden Isnanta.

Selain senam sehat bersama,  Tim GPN disambut  juga dengan sajian pagelaran seni budaya Pencak Silat Palang Pintu dan Barongsai dari Dinas Pariwisata Tangsel, disusul prosesi pengalungan bunga anggrek.

Dalam sambutannya Airin mengucapkan selamat datang peserta GPN yang telah start dari Sabang dan hari ini tiba di Kota Tangsel.

“Ini kota Tangsel dengan segala kegiatannya sangat beragam, baik dari fasilitas insfratruktur maupun kehidupan bermasyarakatnya dan saya berharap untuk kontingen GPN semoga tiba di tujuan dengan selamat,” ujarnya.

Raden Isnanta dalam sambutannya menyampaikan bahwa setelah 3 bulan perjalanan dari Sabang, dan hari ini telah sampai di Tangsel setelah ini akan tetap semangat melanjutkan perjalanan menuju Jawa Tengah.

“Ada 4 titik start dari kota terluar Indonesia, melalui olahraga bersepeda bisa menjadikan sehat jasmani rohani serta menciptakan persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Diungkapnya, seusai menerima pemberian berupa tanah dan air yang diambil dari Makam Keramat Maruga (Ciputat) yang nantinya di bulan September akan disatukan di Gunung Tidar Magelang Jawa Tengah.

“Tadi kita telah menerima tanah dan air, selanjutnya kami akan satukan dan membuat monumen di Gunung Tidar dan saya mengimbau, agar acara gowes tidak hanya untuk hari ini saja. ” Namun harus menjadi gaya hidup.” tutupnya.

Gowes Pesona Nusantara 2017 merupakan kegiatan Kemenpora melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga, bersinergi dengan kementerian/lembaga negara, dinas-dinas provinsi dan kabupaten/kota yang terkait sesuai program Pemerintah melalui Nawacita Presiden Joko Widodo yang ingin meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga.

GPN 2017 memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya dimulai serentak dari empat titik terluar Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia.

Untuk pesertanya dari 90 kabupaten/kota yang telah dimulai dari tanggal 14 Mei 2017, sementara untuk yang start dari Sabang hari ini telah sampai di Etape Anggrek Tangsel, direncanakan akan berakhir di Magelang, Jawa Tengah, pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017.

Tepat pukul 06.40 wib dilaksanakan pelepasan start oleh Deputi Pemberdayan Olahraga Kemenpora, Walikota Tangsel dan Kapolres Tangsel untuk melanjutkan rute perjalanan. (Geng/yok).