Tingkatkan Ekonomi Rumah Tangga, Emak-emak Diberi Pelatihan Kecantikan

1 Februari 2019
82 Views

Tangerang – Ratusan emak-emak di Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel mengikuti pelatihan kecantikan atau beauty class yang diadakan Asia Pulp and Paper (APP) melalui PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tbk Tangerang yang bekerjasama dengan Sari Ayu Martha Tilaar.

Beauty class ini merupakan salah satu program pemberdayaan dan menambah keterampilan masyarakat untuk membantu ekonomi dan kesejahteraan rumah tangga di lingkungan perusahaan.

Sustainability Head PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang Kholisul Fatikhin mengatakan pemberdayaan masyarakat salah satu prioritas perusahaan untuk meningkatkan ekonomi. Bahkan, kegiatan ini dilakukan serentak di lima kota. Yakni, Tangerang, Jambi, Serang, Karawang, Mojokerto dan Malang.

“Pelatihan ini diikuti seratus peserta dari dua kelurahan,” katanya ditemui saat kick off Pemberdayaan Perempuan di salah satu hotel di Serpong Utara, Kamis, (31/1).

Ia menjelaskan sasaran kegiatan untuk perempuan ini lantaran mempunyai banyak waktu untuk ikut pelatihan. “Kita harapkan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi perempuan. Setelah pelatihan mereka bisa membuka usaha rias pengantin atau sanggar kecantikan,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan pemberdayaan masyarakat dari perusahaan yang memproduksi kertas ini tidak hanya beauty class saja. Pihaknya pun melakukan pelatihan pembenihan lele, paper flower dan kokoru. “Salah satu pesan dari pendiri Sinar Mas, almarhum Pak Eka Tjipta adalah pemberdayaan masyarakat dan kegiatan sosial,” ujarnya.

Sementara Beauty Consultant Sari Ayu, Gita Anggraini mengatakan beauty class ini peserta diberikan pemahaman kecantikan luar dan dalam. Sebelum praktek kecantikan, pihaknya memberikan teori hias wajah. “Jadi tidak hanya cantik dari luarnya saja. Inner beauty juga harus kita tonjolkan,” ucapnya.

Untuk sesi beauty class, kata Gita, usai kegiatan peserta dapat mengembangkan keterampilan dengan membuka usaha sanggar kecantikan bersama atau mandiri. “Saya berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta. Dengan membuka usaha sendiri untuk membantu perekonomian keluarga,” tandasnya. (sbr)

Leave A Comment