UPH Dorong Mahasiswa Temukan Passion Lewat Kisah YouTuber Andovi Da Lopez

17 Juni 2019
53 Views

Tangerang – Passion adalah pendorong yang sangat penting guna meningkatkan kecintaan terhadap pekerjaan dan kehidupan. Sebagai universitas yang sudah berkontribusi nyata bagi masyarakat selama 25 tahun, Universitas Pelita Harapan (UPH) menyadari pentingnya mahasiswa menemukan passion mereka.

Untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya passion para mahasiswa, pada tanggal 11 Juni 2019, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPH mengundang Andovi Da Lopez, seorang YouTuber yang diidolakan di kalangan generasi milenial. Andovi menekankan pentingnya passion dalam kehidupan dan pekerjaan yang berarti. Baginya, passion bukan bertujuan untuk mendapatkan uang, tetapi untuk memperoleh kepuasan dari apa yang dia kerjakan untuk orang lain. “Uang itu datangnya belakangan, akan datang sendiri,” ungkapnya.

Sebelum meraih kesuksesan dengan puluhan juta viewersnya sekarang, YouTuber andal Indonesia ini harus menanggung malu diejek oleh teman-teman dan viewer saat baru memulai karirnya. Namun, dia tetap menggarap proyek-proyeknya hingga akhirnya meraih pengakuan yang diinginkannya. Yang membuat dia tetap berusaha, tidak lain dan tidak bukan, adalah passion. “Passion adalah sesuatu yang akan selalu kamu kerjakan, meskipun kamu gagal terus-terusan,” katanya. Setelah 8 tahun bergerak di dunia entertainment, dia menjadi salah satu wajah perubahan generasi milenial Indonesia – generasi yang lebih terbuka terhadap perubahan dan yang berani mencoba inovasi-inovasi baru.

Dengan passion, apapun yang mahasiswa kerjakan akan mencapai kualitas terbaik dan dapat berkontribusi bagi orang lain, karena dikerjakan dengan sepenuh hati. Hal ini seperti yang diungkapkan direktur Student Life UPH Andry M. Panjaitan, “Passion mendorong mahasiswa untuk  maju dan berkembang sehingga mampu menemukan hal-hal yang kreatif, inovatif dan positif. Yang terpenting, ini akan menjadikan mereka sebagai pemimpin masa depan yang dapat lebih berdampak untuk melayani Tuhan, negara dan sesamanya”.

Melihat kebutuhan ini, departemen Student Life UPH menyediakan berbagai sarana untuk pengembangan diri serta pencarian passion bagi para mahasiswanya. Kelas-kelas teater, debat, dance, fotografi, videografi, leadership training, dan masih banyak kegiatan lain – semua ini telah membantu banyak mahasiswa UPH menemukan passion mereka yang akhirnya berguna dalam karir dan dapat berdampak bagi orang banyak. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan holistis yang diterapkan oleh UPH.

Terbukti, melalui pengalaman yang dibagikan Andovi dalam talkshow PURPOSE 2019 yang diadakan BEM UPH, dorongan passion sangat penting untuk menginspirasi generasi muda agar pantang menyerah dan giat bekerja tanpa henti.

Sangat diharapkan melalui talkshow ini, mahasiswa UPH dapat terdorong untuk giat menemukan passionnya sehingga dapat menjadi lulusan yang tidak sekedar bekerja, tetapi yang mencintai pekerjaan mereka sedemikan rupa hingga dapat membawa inovasi-inovasi yang dapat mengubah wajah Indonesia dan membawa negara kita menjadi bangsa yang semakin berkualitas. (rls)

Leave A Comment