Walikota Tangsel Resmikan TPS3R Bersih RW 09 Kelurahan Rengas

Tangerang Selatan – Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS 3R) di lingkungan RW 09, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur pada Jumat, 12 April 2019.

Dalam sambutannya Walikota berterima kasih kepada masyarakat dalam mengelola sampah dengan pembentukan TPS3R. TPS3R ini membantu Pemkot Tangsel dalam mengatasi masalah sampah. “Keberadaan TPS3R ini membantu kita dalam meminimalisir sampah,” katanya.

Menurutnya, jika sampah dikelola dengan baik akan bernilai ekonomis. Setelah dipilih dan dipilih sampah yang masih bermanfaat dan bernilai ekonomi.”Memang sampah sesuatu yang tidak menyenangkan. Tetapi sebaliknya, jika dikelola dengan baik akan menyenangkan. Dapat memanfaatkan sampah menjadi uang,” ucapnya.

Diakui Walikota, persoalan sampah di Kota Tangsel masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah. Bahkan, Walikota menyebutkan, Kota Tangsel bersama dengan sejumlah daerah lain sudah darurat sampah. Untuk itu, Pemkot Tangsel meminta bantuan pemerintah pusat untuk membantu menanganinya.”Alhamdulillah pemerintah pusat mau membantu dengan mengeluarkan Perpres untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (TPSa),” ucapnya.

Pembangunan TPSa, sambung Walikota ditargetkan dimulai tahun ini. Kemudian, di tahun berikutnya sudah terlihat fisiknya. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa beroperasi,” tegasnya.

Terkait, TPS3R, kata Walikota, saat ini terdapat 49 TPS3R yang tersebar diseluruh Kota Tangsel. Hanya saja yang aktif dan profesional hanya 13 TPS3R.

“Untuk itu perlu adanya penguatan pengurus TPS 3R dengan sesering mungkin melakukan koordinasi secara intern dan ekternal melalui dinas terkait. Penguatan pengurus TPS 3R ini diharapkan dapat memaksimalkan kinerjanya, sehingga penanganan sampah dapat dilakukan dengan maksimal,” tandasnya. (rls)

Leave A Comment