oleh

Waspadai Penyakit Keputihan Pada Kelamin Perempuan

Kelapa Dua – Apabila kelamin perempuan sering mengeluarkan cairan berwarna dan berbau tidak sedap, gatal dan nyeri berarti orang tersebut sedang terserang penyakit keputihan. Keputihan ini tidak bisa dianggap remeh karena penyakit ini karena bila abaikan akan berakibat sangat fatal. Bila gejalanya sudah tampak, segera konsultasikan dengan dokter.

Penyakit keputihan adalah suatu penyakit yang diderita wanita karena cairan keluar dari vagina secara berlebihan. Cairan itu berwarna putih kekuningan atau putih kekeabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap, dan bisa menyebabkan gatal.

dr. Julita Nainggolan, Sp.OG Rumah Sakit Umum Siloam, Karawaci, Tangerang mengatakan perempuan sering diganggu masalah penyakit kelamin seperti keputihan. Hal ini disebabkan karena sering menggunakan obat pembersih dan menggunakan sabun untuk membersihkan alat kelamin.

“Keputihan yang termasuk dalam keadaan normal yakni cairan yang keluar cenderung jernih serta tidak disertai bau atau rasa gatal,” ujar dokter Julita, saat konfrensi pers usia menjadi  pembicara dalam talkshow dengan  tema “Merdeka dari Kanker Serviks” yang berlangsung pada Jumat, (29/9).

Ada beberapa penyebab penyakit keputihan, antara lain disebabkan oleh jamur, stres, infeksi, gangguan hormon, dan lain sebagainya.

Julita menambahkan bahwa keputihan merupakan segala cairan yang keluar dari vagina. Vagina wanita bersifat asam dan tingkat keasaman sendiri merupakan pencegahan supaya bakteri tidak masuk ke dalam vagina.

Untuk membersihkan keputihan, dr. Julita menyarankan hindari penggunaan sabun, atau pembersih apapun kepada alat kemaluan wanita, karena akan menurunkan tingkat keasaman atau pH dari vagina itu sendiri.

“Hindari juga penggunaan pantyliner. Ini akan menghambat sirkulasi udara dan merusak pH alami vagina,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rumah Sakit Umum Siloam juga menawarkan program ‘Paket Vaksin HPV’ untuk mencegah penyakit kanker servik dengan 3 kali suntik.