Zulfikar : Hanya 5 Parpol yang Mengutus Saksi di Bimtek Bawaslu

11 April 2019
136 Views

Tangerang – Pemilihan umum serentak tahun 2019 pada Rabu 17 April mendatang akan segera digelar, Komisioner Bawaslu Kabupaten Tangerang telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar sejak tanggal 7-9 April 2019

Menurut Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten Tangerang, dari 16 Parpol peserta Parpol pemilu 2019 di Kabupaten Tangerang. Hanya lima Parpol yang mengutus saksinya di Bimtek yang digelar Bawaslu.

“Cuma lima Parpol peserta pemilu saja yang mengutus saksi di Bimtek yang digelar sejak 7-9 April 2019,” ujar Zulfikar, Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten Tangerang, Kamis (11/4/2019).

Lima Parpol yang mengutus saksi tersebut yakni Partai Hanura, PKS, Garuda, Berkarya dan PSI. Sedangkan 11 Parpol lainnya sama sekali tidak mengutus saksi untuk mengikuti Bimtek yang digelar setiap Panwas kecamatan se- Kabupaten Tangerang.

“Padahal sosialisasi sudah dilakukan. Dan tentunya dilayangkan surat dari tiap-tiap Panwas kecamatan,” imbuhnya.

Lanjut Zulfikar, meskipun lima Parpol tersebut mengutus saksi di Bimtek yang digelar pihaknya. Namun banyak yang nama ganda yang disetorkan.“Ada 9.990 nama saksi yang kami terima sebagai peserta Bimtek. Tapi dari nama tersebut banyak yang ganda,” tuturnya.

Tambah Zulfikar, Bimtek digelar untuk melatih para saksi Parpol agar bisa mengetahui keabsahan surat suara pasca pencoblosan. “Pasalnya berbeda dari pemilu sebelumnya,” tandas Zulfikar. (abe)

Leave A Comment